Brilio.net - Demi menjaga penampilan tubuh maupun kecantikan, nggak jarang kamu melalukan rutinitas yang diyakini bisa membantumu. Kamu pasti pernah mencoba saran orang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu hal. Benar nggak? Padahal belum tentu saran orang tersebut benar, hanya "Katanya".

Ladies, sebaiknya mulai sekarang kamu lebih teliti mepercayai "katanya". Pastikan benar itu hanya mitos atau benar adanya. Jangan sampai usahamu untuk mempercantik diri sia-sia hanya karena kamu percaya mitos seputar kecantikan yang beredar. Seperti 10 hal seputar kecantikan berikut yang faktanya cuma mitos, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (11/5):

1. Potong rambut

mitos kecantikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/pevpearce

Loading...

Beberapa orang percaya jika sering memotong rambut secara berkala, mampu memancing pertumbuhan rambut selanjutnya menjadi lebih cepat.

2. Produk dengan embel-embel natural belum tentu aman.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: merdeka

Menggunakan kosmetik dengan bahan alami kini memang sedang menjadi tren karena dinilai lebih aman dan ekonomis. Namun tetap saja, kamu butuh ketelitian saat memilih produk kecantikan yang kamu gunakan. Karena tidak semua bahan alami cocok bagi kulitmu.

3. Menggunakan makeup memicu jerawat.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: beautylish

Faktanya adalah jerawat muncul jika kamu kurang bersih saat menghapus makeup atau membersihkannya.

4. Kulit berminyak bisa diatasi dengan sering cuci muka.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: fashioncare

Faktanya mencuci muka terlalu sering tidak membantu mengurangi produksi minyak wajah. karena sabun cuci muka hanya dirancang untuk mengangkat minyak yang menempel di wajah saja.

5. Kulit berminyak tidak butuh pelembab.

mitos kecantikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram

Faktanya justru kulit berminyak mampu diatasi dengan pelembab yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar minyat pada kulit wajah.

6. Pasta gigi untuk mengempeskan jerawat

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: doctoroz

Jika kamus alah satu pelaku, mulai sekarang kamu harus menghentikannya ladies. Segala produk untuk membersihkan gigi tidak dianjurkan buat kulit wajah.

7. Makin tinggi SPF, maka kulit semakin terlindungi.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: thefashionspot

Faktanya jumlah SPF yang tertera dalam kemasan sunscreen hanya menunjukkan berapa lama kulit kamu bisa terlindungi. Jika kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 15 setidaknya kamu perlu menerapkan kembali sekitar 6 jam sekali.

8. Foundation menghalangi pernafasan kulit.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: thediystuff

faktanya, dengan mengaplikasin foundation wajah mampu terlindungi dari debu dan sinar UV namun wajah tetap bebas bernafas.

9. Air dingin mampu mengecilkan pori-pori wajah.

mitos kecantikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram

Lebih tepatnya adalah mengembalikan pori wajah ke ukuran semula.

10. Menghilangkan selulit.

mitos kecantikan © 2016 brilio.netfoto: Instagram/lunamaya

Banyak produk perawatan kulit yang juga menawarkan untuk mengembalikan kulit kencang alami bebas selulit. Faktanya hanya dengan diet dan olahraga sajalah yang mampu mengusir selulit dengan ampuh.