Brilio.net - Indonesia baru saja digegerkan oleh kasus ular piton yang menelan manusia di Sulawesi Barat, Senin (27/3) lalu. Ular jenis piton ini memang tidak berbisa, tapi mereka sering sekali memangsa makhluk lain yang ukurannya jauh lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Rahang ular terlebih jenis piton memang bisa membuka lebar untuk menelan mangsa seukuran rusa atau buaya sekalipun.

Namun ada kalanya, piton ini harus meregang nyawa karena menelan mangsa yang ukurannya terlalu besar ataupun menelan mangsa yang beracun.

5 kasus piton mati setelah menelan mangsanya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/3) ini contohnya.

1. Mati setelah makan landak.

Piton Mati © 2017 Istimewa

foto : dailymail.co.uk

Ular sepanjang 4 meter ini ditemukan mati setelah terjatuh di bebatuan di wilayah Afrika Selatan. Badan ular yang baru saja menelan landak kemudian tertusuk bulu hewan yang dimangsanya tersebut.

2. Mati setelah memangsa aligator.

Piton Mati © 2017 Istimewa

foto : dailymail.co.uk

Piton ini nggak kira-kira buasnya. Binatang predator seperti aligator pun dimangsanya. Namun nahas, ukuran tubuh aligator yang kelewat besar membuat badan piton terkoyak dan membuatnya mati. Kejadian ini terjadi di Taman Nasional Everglades, Amerika Serikat

3. Mati setelah memakan babi.

Piton Mati © 2017 Istimewa

foto : dailymail.co.uk

Ular ini mati karena saluran pencernaannya tak cukup untuk mencerna seekor babi yang dimakannya. Kaki hewan yang dimangsanya itu menusuk ususnya hingga robek.

4. Mati setelah melahap rusa seberat 35 kilogram.

Piton Mati © 2017 Istimewa

foto : dailymail.co.uk

Kejadian kedua piton mati karena menyantap mangsa yang terlalu besar yang terjadi di Taman Namun Everglades, AS. Piton sepanjang 4,8 meter mati karena menelan rusa seberat 35 kilogram.

5. Mati karena menelan kambing yang sedang hamil.

Piton Mati © 2017 Istimewa

foto : Pinterest.com

Kejadian ini terjadi di Malaysia pada 2016 lalu. Ukuran kambing yang terlalu besar membuat ular tak bisa bergerak.