Brilio.net - Semut merupakan salah satu hewan yang paling sering kamu temui di mana pun kamu berada. Pepatah mengatakan 'ada gula ada semut', yang berarti di mana ada kesenangan maka di situlah banyak orang akan datang.

Peribahasa ini pada akhirnya mengidentikkan semut hanya dengan yang manis-manis saja. Wajar sih karena jarang sekali semut ditemukan sedang mengerubungi benda atau makanan selain gula.

Tapi ternyata semut bukan hanya tertarik dengan gula atau sesuatu yang manis. Seperti yang dialami oleh warganet ini, dia menemukan kerumunan semut di minyak goreng.

Postingan ini diabadikan akun @Chocomintheee di akun Twitter-nya. Rupanya bukan hanya @Chocomintheee saja yang pernah mengalami, beberapa warganet ini punya pengalaman yang sama.

Penasaran seperti apa penampakannya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/6).

Loading...

1. Bermula dari postingan pengguna Twitter @Chocomintheee yang hendak menggoreng telur, namun dibuat terkejut setelah melihat sekerumunan semut di dalam minyak goreng.

semut dalam minyak Twitter

foto: Twitter/@Chocomintheee

2. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa spesies semut juga tertarik dengan minyak, terutama minyak kelapa. Penelitian ini dilakukan Ari Sugiarto dengan judul "Utilization of Coconut Oil (Cocos nucifera L) for Provoke The Presence of Ants (Hymenoptera: Formicidae)". Dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa spesies semut jenis Dolichoderus sp. and Tapinoma sp. ternyata tertarik dengan minyak kelapa yang diletakkan pada media kapas.

semut dalam minyak Twitter

foto: Twitter/@Chocomintheee

3. Dilansir dari situs Rentokil, sebuah perusahaan pembasmi hama di Singapura menuliskan, setidaknya ada lima kategori makanan umum yang dimakan semut. Semut membutuhkan protein dan lemak bagi tubuhnya. Protein dan lemak ini bisa didapat dari telur atau daging, dan tentu saja minyak.

4. Jadi kamu nggak perlu merasa bingung mengapa semut bisa berada di minyak.

semut dalam minyak Twitter

foto: Twitter/@Firaaftk

5. Jadi gimana apa kamu pernah punya pengalaman yang seperti ini?

semut dalam minyak Twitter

foto: Twitter/@kevindavit11