Brilio.net - Siapa pun yang pernah melihat sekelompok semut bergegas untuk membawa remahan makanan, mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana semut bekerja sama untuk memindahkan makanan dalam ukuran besar ke sarang mereka? Penelitian baru oleh para peneliti dari Weizmann Institute of Science di Rehovot akan menjawab pertanyaanmu.

"Binatang ini sepertinya memiliki keseimbangan arah yang sempurna secara matematis antara invidualisme dan konformisme," kata para peneliti.

Temuan ini didapat dengan menganalisa video individu semut dalam kelompok yang membawa makanan berukuran besar ke sarang mereka, termasuk sereal Cheerios. Kelompok semut dalam jumlah besar mengangkat benda yang berat tetapi sepertinya mereka kurang bisa mengatur arah, tetapi sejumlah kecil "pencari jalan" kemudian campur tangan dan "menyetir" untuk sementara waktu.

Kajian yang diterbitkan di jurnal Nature Communications tersebut menggunakan spesies yang sangat umum, semut longhorn crazy. Nama spesies ini mengacu kepada cara binatang kecil ini bergerak yang seringkali berubah arah secara tiba-tiba.

Tetapi temuan baru ini mengisyaratkan kekacauan arah perilaku semut tersebut sebenarnya sangatlah diatur."Kelompok semut itu dibentuk untuk menjadi sangat peka terhadap pimpinan mereka," kata penulis laporan dan ahli fisika, Dr Ofer Feinerman.

Penelitian ini mengajarkan kita tentang peran individualitas dalam kelompok hewan sosial. Dalam sistem ini, kebijaksanaan tidak datang dari keramaian. Sebaliknya, beberapa individu menyediakan "otak" dan berperan untuk memperkuat kekuasaan sehingga mereka benar-benar dapat memindahkan beban.