Brilio.net - Manusia era sekarang tak bisa dipisahkan dengan dunia maya. Sehari tidak mengaksesnya, maka seolah ada yang belum lengkap. Para pengguna dari berbagai usia pun menampilkan berbagai kelakuan yang unik, bijak, aneh, bahkan menyebalkan. Namun tingkah seseorang di dunia maya belum tentu selalu sama dengan kepribadiannya di dunia nyata.

Nah, berikut ini adalah beberapa tipe netizen yang mayoritas ada di Indonesia. Kamu kira-kira termasuk yang mana ya?

1. Belum baca sudah komentar
X: Lho, nggak bisa gini dong, bla bla bla!

A: Emang lu udah baca beritanya?

X: Belum sih

A: *ambil golok*

Ada juga tipe netizen yang lihat judul postingan keren, tergerak untuk langsung share berita padahal baca berita juga belum.


2. Nge-share berita karena sesuai pandangannya
Tipe ini membagikan berita secara subjekif karena sesuai dengan pandangannya. Entah urusan politik, sosial, agama, budaya, dll. Jika tidak cocok dengannya, meskipun benar, maka tidak akan disukai. Jangan harap dia mau nge-share berita itu.



3. Sinis sama medianya
Tipe ini kalau nggak suka sama satu media, nggak bakal mau memercayai berita yang disampaikan. Meskipun benar, namun karena sudah benci dan sinis, maka bakal selalu menganggap media ini 'nggak suka sama kelompok kita'.

2 dari 3 halaman



4. Suka komentar panjang pakai teori sendiri
Membangun benteng pertahanan agar tidak mudah percaya dengan suatu berita sebelum mengonfirmasi adalah hal yang baik. Namun jika menganggap argumen pribadi sebagai sesuatu yang pasti benar, itu adalah suatu kesalahan.


5. Menghujat berita seenak udel
Ini tipe yang boleh dibilang nggak tahu diri. Habis baca berita yang udah ditulis dengan proses yang nggak singkat, dihujat deh tuh berita. Udah menikmati tulisan orang, habis itu menjelekkannya.

6. Ngelike aja yang dibanyakin
Ini model yang boleh dibilang nggak ribut. Nggak suka komentar, bahkan nggak suka membagikan berita. Cuma tool like yang menarik baginya untuk diklik. Semua postingan temannya mungkin saja dia klik like. Hobi mungkin ya?

3 dari 3 halaman



7. Kalau berbagi berita hati-hati, mengutamakan verifikasi
Nah, ini tipe yang oke banget. Hati-hati sebelum membagikan berita.


8. Klop sama media langsung share buta deh berita-beritanya 
Ini kalau memandang media secara subjektif. Menurut dia, kalau media yang dia suka dan dirasa cocok, bakal menyajikan berita yang selalu benar dan valid.


9. Lebih suka jadi penengah
Ini model yang kalau melihat orang pada tengkar di media sosial langsung mencoba menengahi. Biasanya, komentarnya bikin adem.