Brilio.net - Selama bertahun-tahun, ada begitu banyak kontroversi dan cerita seputar payudara. Berikut ini ada sejumlah fakta tentang payudara yang berhasil dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Pria bisa juga bisa menyusui
Puting pria ternyata juga bisa untuk menyusui, sama seperti wanita. Sebab, pria juga memiliki oksitosin dan prolaktin dalam tubuh mereka. Ini adalah susu yang memproduksi hormon. Sama seperti pada wanita, hormon ini, terutama prolaktin, telah terbukti berfluktuasi juga pada pria.

2. Menatap payudara bisa memperpanjang hidup selama lima tahun
Pakar gerontologis di RS Frankfurt, Jerman, Dr Katren Weatherby menganggap bahwa menatap payudara selama sepuluh menit setiap hari setara dengan 30 menit latihan aerobik. Dia juga menegaskan bahwa menatap payudara selama sepuluh menit sehari akan memperpanjang hidup Anda selama lima tahun. Hal ini dia ungkapkan setelah melakukan penelitian terhadap 200 pasien di tiga rumah sakit berbeda selama lima tahun.

3. Sedikitnya empat juta bra diproduksi dalam sehari
Setidaknya empat juta bra diproduksi setiap hari. Tahukah Anda jika biaya produksi bra sebanyak itu mencapai USD 16 miliar setahun. Seorang wanita rata-rata memiliki sembilan bra pada suatu waktu. Namun, rata-rata hanya enam bra yang dipakai secara teratur.

4. Wanita dengan payudara kecil dianggap lebih setia
Menurut psikolog, wanita dengan ukuran payudara yang lebih kecil dianggap lebih setia dibanding mereka yang berpayudara besar. Sebab, mereka cenderung tidak akan bersaing dengan wanita berpayudara besar.

5. Menyusui dapat membantu mengurangi risiko kanker
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa menyusui dapat membantu seorang ibu terhindar dari risiko penyakit jantung dan kanker. Wanita yang menyusui selama lebih dari satu tahun dapat mengurangi risiko terkena kanker ovarium dan payudara. Wanita yang menyusui juga memiliki risiko yang lebih rendah dari depresi postpartum. Hal ini karena menyusui memicu pelepasan hormon oksitosin, yang membuat ibu rileks.

6. Memakai bra mempercepat kendurnya payudara
Sebuah studi di Prancis menemukan fakta bahwa bra bisa membatasi pengembangan otot. Hal ini pada gilirannya membuat payudara lebih cepat kendur. Penelitian itu juga menyebutkan, wanita yang tidak memakai bra memiliki otot yang lebih kuat.

7. Pria cenderung memilih wanita berpayudara besar
Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Westminster, Inggris, pria lebih menyukai wanita berpayudara besar. Hal ini didapat melalui penelitian yang melibatkan 361 pria berusia antara 18 dan 68 tahun. Sekitar 19% dari mereka lebih suka payudara yang sangat besar. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa pria selalu melihat payudara besar sebagai feminitas tradisional.

8. Payudara kiri cenderung lebih besar
Sekitar 65% dari perempuan di dunia memiliki payudara kiri yang lebih besar dibanding sebelah kanan. Tapi, jangan khawatir. Ini kejadian normal karena disebabkan satu payudara lebih merespons tingkat gelombang estrogen. Sampai saat ini, tidak ada yang mampu menjelaskan mengapa payudara kiri yang cenderung lebih besar. Namun, ada teori yang menyatakan bahwa itu karena hipersensitivitas imun yang cenderung lebih tinggi di sisi kiri tubuh manusia.

9. Meremas payudara dapat membantu mencegah kanker
UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory melaporkan bahwa meremas payudara bisa mengurangi risiko kanker payudara. Hal ini disebabkan dengan remasab akan menghentikan perbanyakan sel-sel kanker. Hal ini juga mencegah sel-sel yang berkembang biak menjadi ganas. Para peneliti di laboratorium menemukan bahwa sel-sel ganas, ketika dikompresi dari waktu ke waktu, akan lebih terorganisir.

10. Ukuran payudara tidak memiliki efek pada jumlah produksi susu
Jika Anda berpikir payudara kecil mempengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan selama menyusui, Anda salah. Wanita dengan payudara kecil mungkin terkadang memiliki kekhawatiran berlebih ketika menyusui. Namun, dalam kenyataannya, wanita dengan payudara besar justru banyak yang memiliki masalah. Hal ini karena mereka memiliki inflexibilities posisi. Selain itu, perempuan ini merasa terlalu percaya diri saat menyusui di depan umum. Intinya, ukuran payudara tidak relevan dengan jumlah ASI.

11. Seorang wanita bisa mencapai orgasme melalui stimulasi puting
Orgasme seorang wanita bisa dicapai melalui stimulasi puting. Berdasarkan studi, Dr Herbert Otto, tiga dari 10 wanita yang diteliti mengalami orgasme payudara. Beberapa dari mereka dapat mencapai orgasme tanpa rangsangan genital apapun. Cara terbaik untuk mencapai orgasme dengan stimulasi puting adalah melalui stimulasi oral, penyedotan dan menggigit.

12. Pria juga bisa terkena kanker payudara
Perempuan bukan satu-satunya orang yang bisa terkena kanker payudara. Pria juga bisa. Hal ini dikarenakan pria juga memiliki jaringan payudara (lobulus, saluran, stroma dan sejenisnya). Untungnya, kondisi ini sangat jarang terjadi, hanya terhitung 1% dari semua kasus kanker payudara pada laki-laki. Jika Anda pernah merasa benjolan di bawah putting cepatlah diperiksakan ke dokter.

13. Pria miskin lebih menyukai payudara besar
Ukuran rekening bank seorang pria bisa dilihat dari ukuran payudara lawan jenis yang dia suka. Koq bisa? Studi Psychology Today menunjukkan, laki-laki yang tidak aman secara finansial lebih tertarik pada payudara besar. Sebaliknya, pria yang aman secara finansial akan lebih memilih wanita dengan payudara yang lebih kecil. Penelitian ini dilakukan pada 266 orang dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam. Mereka diminta untuk menunjukkan ukuran payudara yang mereka sukai pada sosok perempuan animasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa laki-laki miskin lebih melihat pada payudara besar.