Brilio.net - Memang seru sih nonton film dalam versi 3D (tiga dimensi). Sensasi yang luar biasa juga dirasakan saat menikmati film 3D dengan popcorn di tangan. Apalagi, banyak film kartun yang sengaja diproduksi dalam bentuk 3D.

Akan tetapi, menonton film dengan versi 3D ternyata bisa mengakibatkan sakit kepala dan juga mata kelelahan, sebagaimana dikutip brilio.net dari Conversation, Jumat (7/8).

Studi ini dilakukan terhadap 433 orang dengan rentang usia antara 4-82 tahun. Mereka diberikan pilihan untuk menonton film Toy Story dalam bentuk 3D atau 2D (dua dimensi). Semua peserta penelitian dinyatakan mempunyai penglihatan yang sehat berdasarkan catatan kesehatan. Kemudian setiap peserta juga diukur keseimbangan antara gerakan mata dan tangan baik sebelum atau setelah menonton film.

Sang peneliti, Jenny Read menjelaskan bahwa orang-orang yang menonton film 3D merasakan pusing dan juga mata kelelahan setelah menonton. Hal ini sangat berbeda jauh dengan mereka yang menonton film dalam versi dua dimensi. Untuk memperkuat studi ini, sang peneliti melakukan metode yang kedua.

Dalam percobaan kedua ini, sang peneliti 'menipu' para peserta. Setiap peserta diperbolehkan untuk memakai kacamata 3D, padahal film yang diputar sebenarnya dalam bentuk 2D. Akan tetapi para peserta ternyata tidak sadar dengan hal tersebut. Dalam trik tersebut, ternyata hanya 10% responden yang merasakan rasa sakit kepala dan juga kelelahan pada mata. Dalam kata lain, trik ini membuktikan bahwa melihat film 3D memang menyebabkan pusing dan mata lelah.

Apakah kamu juga merasakan yang sama saat menonton film 3D?