Brilio.net - Softlens atau lensa kontak tentu udah nggak asing lagi buat kamu, malah kalau diperhatikan lebih banyak orang yang memilih untuk pakai softlens dibanding kacamata.

Memang, dengan memakai softlens kamu bisa terlihat lebih gaya dibanding kacamata. Namun kamu tetap perlu hati-hati dalam memakai dan memilih softlens. Softlens yang kini sudah jadi bagian dari tren fashion ini ternyata juga punya dampak buruk bagi para penggunanya lho. Jadi, kalau kamu ingin mengenakan softlens, ada beberapa hal yang harus diingat saat memakainya.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/4), berikut kesalahan yang mungkin sering dilakukan saat pemakaian softlens:

1. Tidur dengan memakai softlens

Kamu udah ngantuk banget dan nggak sempat buat melepas softlens? Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan frame lensa patah atau sobek dalam mata sehingga nggak nyaman dan bisa menimbulkan berbagai gangguan mata. Bayangkan aja kalau softlens yang kamu pakai benar-benar patah, kalau nggak segera diambil oleh dokter, fragmen dapat menggores kornea atau menyebabkan infeksi buruk. Jadi, jangan sekali-kali tidur dengan masih memakai softlens ya. Berbahaya!

Loading...

2. Mencuci softlens dengan air keran

4 kesalahan yang sering kamu lakukan saat memakai softlens, hati-hati!

Mencuci softlens dengan air keran sebenarnya sama sekali tidak dianjurkan karena berbahaya. Air dari keran itu akan menimbulkan bakteri di cairan softlens.

"Cacing bisa ditemukan di banyak tempat, termasuk air keran, dan ketika kamu membilasnya menggunakan air tersebut, parasit ini bisa berakhir pada lensa kamu," kata Yong Ming Por, dokter konsultan ahli bedah di Bedah mata Eye Jerry Tan, seperti dilansir dari asiaone.com.

Selain bisa merusak lensa kontakmu, air keran juga dapat menyebabkan infeksi mata yang sangat parah dan bahkan kebutaan.

Jadi, kamu harus benar-benar membilas lensa kamu dengan larutan garam, gunakan botol air minum suling dan bukan air mineral.

3. Memakai softlens terlalu lama

Saat kamu memakai softlens lebih lama sangat nggak dianjurkan karena akan membuat kuman masuk ke mata kamu. Kuman akan lebih menumpuk dan bisa menyebabkan meningkatnya risiko infeksi yang parah. Pemakaian softlens akan menghalangi masuknya oksigen ke dalam kornea mata, karena softlens menutupi kornea. Bila digunakan dalam jangka waktu lama, kornea akan mengalami kekurangan oksigen. Akibatnya, sel-sel epitel pada kornea nggak bisa beregenerasi dengan normal dan jadi nggak sehat yang menyebabkan bengkak, keruh, kusam, dan kornea bisa menebal.

4. Nggak menggosok softlens

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Optometri dan Ilmu Visi, dikatakan bahwa bakteri, jamur, dan ragi akan tetap menempel pada permukaan lensa kontak kamu kalau kamu nggak menggosok saat membersihkannya.

Penumpukan ini memungkinkan alergi dan infeksi yang bisa menyebabkan kuman nempel di permukaan lensa kamu. Jadi, sebaiknya gosok dan bilaslah dengan larutan pembersih sekitar sepuluh detik ya.

Tetap jaga kesehatan mata kamu ya!