Brilio.net - Pernah nggak mengalami kondisi mata kering? Kondisi ketika mata nggak mampu memberi kelembapan yang cukup untuk menjaga mata tetap terlindungi. Biasanya ditandai dengan mata terasa pedih atau panas, mata merah, lelah, kadang penglihatan jadi kabur. Mungkin kamu pernah mengalami tapi sering nggak menyadarinya. Pasalnya mata kering merupakan gangguan yang paling sering terjadi dari seluruh masalah mata.

Mata kering terjadi lantaran produksi air mata kurang atau cukup produksinya tapi kualitasnya buruk untuk melumasi mata. Penyebabnya juga bisa dari banyak faktor termasuk lingkungan, operasi mata, kelelahan dan penggunaan komputer yang lama. Angin, matahari, udara kering atau sedang mengalami dehidrasi juga bisa menyebabkan mata kering.

Obat tetes mata yang cocok untuk kondisi ini adalah tetes mata pelumas, atau dikenal juga dengan istilah air mata buatan (artificial tears). Obat tetes mata ini bekerja dengan menambahkan elemen air mata untuk membasahi mata yang kering sehingga membuat mata berfungsi lebih baik. Obat ini banyak tersedia bebas di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, tidak semua jenis suplementasi air mata buatan ini cocok untuk semua mata kering. Karena itu, sebaiknya memeriksakan mata ke dokter untuk menentukan air mata buatan yang cocok. Air mata buatan dalam bentuk gel juga tersedia dan dapat digunakan sebelum waktu tidur untuk memberikan waktu pelembapan mata yang cukup lama.

Selain air mata buatan, mata kering juga bisa diobati dengan tindakan menutup lubang saluran pembuangan air mata dengan memasang penyumbat berbahan kolagen yang akan larut perlahan-lahan, sehingga bersifat sementara. Bila cara ini belum berhasil, biasanya dokter akan mempertimbangkan untuk penutupan lubang saluran pembuangan air mata dengan sumbatan yang tidak dapat larut, atau penutupan lubang saluran pembuangan air mata secara permanen.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ada juga penggunaan kauter atau non-dissolving punctual plug. Penyumbat ini dapat dengan mudah dilepaskan sesuai kondisi klinis penggunanya, sementara kauterisasi bersifat permanen. Pengobatan mata kering dengan penggunaan sumbatan jenis ini akan dapat mengurangi penggunaan air mata buatan.

"Penyumbat saluran pembuangan air mata ini umumnya ditoleransi dengan baik. Secara keseluruhan, tingkat keberhasilan tergantung pada kedua jenis mata kering dan jenis penyumbat yang digunakan," kata Dr Marcus Marcet, dokter mata di University of Hong Kong.

Menurut catatan Marcet dan timnya dalam jurnal Ophthalmology, pasien dengan mata kering yang mencoba penyumbat saluran pembuangan air mata ini adalah mereka yang sudah mencoba tetes mata dan gel tapi masih saja merasa gatal, mata merah, penglihatan kabur dan adanya sensasi benda asing di mata.

Di Amerika, sekitar 20 juta sampai 30 juta orang menderita mata kering ringan dan 9 juta tercatat mengalami mata kering yang parah. Penelitian juga menunjukkan bahwa mata kering secara signifikan bisa memberi dampak pada kualitas hidup pasien. Jika tidak diobati, kasus yang lebih parah dari mata kering dapat menyebabkan hilangnya penglihatan akibat jaringan parut kornea.

Beberapa studi tentang penggunaan penyumbat saluran air mata melaporkan adanya penurunan gejala mata kering sementara. Selain itu juga mampu meningkatkan kesehatan permukaan mata, mengurangi penggunaan air mata buatan dan meningkatkan kenyamanan lensa kontak.

"Penyumbat dimaksudkan untuk memperlambat drainase air mata dari permukaan mata (yang merupakan bagian dari sirkulasi air mata alami), sehingga jika tubuh kamu tidak membuat cukup air mata, setidaknya kamu dapat mencoba memaksimalkan efek pelembab dari air mata yang kamu miliki," kata Dr Roni Shtein dari Univeristas Michigan di Ann Arbor.

Dr Kristin Hammersmith, seorang ahli bedah kornea di Wills Eye Hospital di Philadelphia yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan untuk meninjau kembali dan menunjukkan efektivitas dan relatif aman dari penggunaan penyumbat saluran air mata.

Penderita mata kering umumnya adalah wanita paruh baya atau yang lebih tua, namun laki-laki dewasa dan dewasa muda juga dapat mengalaminya. Penderita yang memilih untuk menggunakan plug ini adalah mereka dengan gaya hidup yang sibuk dan ingin mengatasi masalah mata kering dengan cara simpel dan mudah untuk dilepaskan menyesuaikan kondisi.

BACA JUGA:

Piknik ke Candi Sambisari, wisata murah dengan suguhan panorama indah

7 Pose khas wisatawan Indonesia, kamu suka foto yang gimana?

Tinggalkan rutinitas sejenak, yuk berwisata ke Candi Ijo

Dari sayuran, kampung ini jadi tujuan wisata agro edukasi

Di Jogja tapi bosan wisata itu-itu saja? Datang saja ke sini

(brl/pep)