Brilio.net - Jalan-jalan ke Candi Abang rasanya kurang lengkap kalau nggak mampir di Candi Ijo. Jarak antara Candi Abang dan Candi Ijo pun tidak terlalu jauh, sekitar 30 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Nah, buat kamu yang pengen liburan dengan suasana khas pedesaan yang asri dan alami, berwisata ke Candi Ijo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Candi Ijo berada di kelurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY. Dinamakan Candi Ijo karena nama tersebut merujuk pada prasasti Poh yang ditulis pada 906 Masehi. Selain itu, kompleks Candi Ijo memang berada di lereng Gunung Ijo yang mempunyai ketinggian sekitar 427 mdpl. Candi yang berada di ketinggian 375 mdpl itu bercorak Hindu dan digunakan sebagai ritual keagamaan pada zamannya.

Candi ini juga pernah mengalami beberapa kali pemugaran sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Kini, beberapa bangunan candi sudah terlihat sempurna meski sebagian perlu pemugaran lebih lanjut. Saat brilio.net berkunjung ke kompleks Candi Ijo, tampak sejumlah petugas sedang membersihkan kawasan candi. Meski sedang dilakukan pemugaran, Candi Ijo tetap terbuka untuk para pengunjung.

Tinggalkan rutinitas sejenak, yuk berwisata ke Candi Ijo

Para wisatawan umumnya datang di hari-hari libur dan akhir pekan. "Biasanya ramai kalau tanggal 1 Sura dan liburan tahun baru," ujar Sugeng Riyadi (32), salah seorang warga yang tinggal di lokasi candi, Jumat (29/5).

Loading...

Karena candi ini berada di dataran tinggi, suhu di lokasi tersebut cukup sejuk yang disertai angin semilir khas pegunungan. Pemandangannya pun tak kalah menakjubkan yang dihiasi sunset di sore hari.

Tinggalkan rutinitas sejenak, yuk berwisata ke Candi Ijo

Untuk menuju ke Candi Ijo, akses jalannya cukup mudah. Namun karena lokasinya yang berada di perbukitan dan masuk pedesaan serta tidak ditunjang penunjuk arah yang memadai, para wisatawan perlu menggunakan panduan navigasi (Google Maps).

Tinggalkan rutinitas sejenak, yuk berwisata ke Candi Ijo

Tinggalkan rutinitas sejenak, yuk berwisata ke Candi Ijo