Brilio.net - Seberapa seringkah kamu naik mobil setiap harinya? Salah satu alat transportasi ini memang memberikan kenyamanan tersendiri jika dibandingkan dengan sepeda motor. Saking nyamannya, kamu mungkin sering merasa cepat ngantuk saat naik mobil. Banyak orang mengalami hal seperti ini setelah beberapa meter mobil berjalan. Kenapa ya hal ini kok bisa terjadi?

Ternyata fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Ada dua penjelasan yang bisa menerangkan mengapa naik mobil membuat kamu cepat ngantuk, sebagaimana dikutip brilio.net dari Elite Daily, Kamis (27/8).

Teori pertama menyatakan bahwa fenomena ini dikenal dengan 'highway hypnosis'. Fenomena ini terjadi karena hal-hal yang terlihat dari dalam mobil terlihat monoton. Hal ini sangat berbeda ketika naik motor karena kamu bisa merasakan hal lain dan melihat pemandangan sekitar lebih luas.

Highway hypnosis ini diperkenalkan oleh pengarang bernama Geoffrey Underwood. Argumen tersebut ditulis dalam bukunya yang berjudul Traffic and Transport Psychology: Theory and Application. Geoffrey memberikan ulasan yang lumayan mendetail soal fenomena efek mobil dan rasa kantuk.

Teori yang berbeda juga datang dari Colin Lecher dari Popular Science. Colin menganggap fenomena ini disebabkan adanya kebisingan yang suaranya konstan. Dalam kata lain. saat kamu dalam mobil, suara teriak atau bunyi klakson terdengar lebih rendah. Itulah mengapa suara-suara dari luar terdengar konstan. Fenomena ini dikenal dengan 'white noise'. Dengan kondisi seperti itu, maka kamu gampang ngantuk karena suara-suara yang lebih tenang.

Kalau kamu sendiri gimana? Apa memang suka tiba-tiba ngantuk kalau lagi di dalam mobil?