Brilio.net - Sabun cuci piring, bahan pembersih yang paling sering digunakan untuk berbagai hal. Ya nggak? Memang sabun cuci piring memiliki kemampuan untuk membersihkan noda yang disebabkan oleh minyak atau bumbu.

Namun, lima hal berikut ini sebaiknya tak boleh dibersihkan menggunakan sabun cuci piring. Salah satunya adalah tangan. Kandungan dalam sabun cuci piring ternyata juga bisa berbahaya untuk beberapa hal lainnya.

Setiap jenis sabun dirancang untuk tujuan tertentu dan dapat digunakan untuk menyelesaikan tujuan atau memenuhi kebutuhan situasi. Lantas, apa saja lima hal yang sebaiknya tak dibersihkan dengan sabun cuci piring? Berikut ulasan yang dilansir brilio.net dari Boldsky, Sabtu (5/9).

1. Membersihkan mobil

5 Hal yang tak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Jangan gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan mobil. Sebab, cat mobil dapat memudar ketika dibersihkan dengan sabun cuci piring. Lebih baik, gunakan sampo ringan untuk membersihkan mobil kamu.

2. Mencuci pakaian

5 Hal yang tak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Pakaian membutuhkan deterjen berkandungan kuat untuk menghilangkan noda. Sabun cuci piring tak memiliki kemampuan untuk hal tersebut karena sabun cuci piring dibuat untuk membersihkan benda logam, kaca atau plastik dan mungkin bisa menghancurkan kain dengan mengikis seratnya.

3. Mencuci tangan, muka, atau bulu hewan

5 Hal yang tak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Untuk mencuci tangan, muka, atau bulu hewan peliharaan kamu, jangan pernah gunakan sabun cuci piring karena nggak sehat dan mungkin bisa merusak kulit. Seseorang yang mencuci anggota tubuhnya dengan sabun cuci piring dapat dengan mudah terinfeksi akibat kandungan keras dari sabun cuci piring atau juga mudah terinfeksi infeksi jamur karena kotoran pada peralatan.

4. Membersihkan bahan kulit atau kain pelapis lainnya

5 Hal yang tak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Bahan kulit atau pelapis lainnya dapat dengan mudah rusak, mengalami pemudaran warna, dan kemilau jika dibersihkan dengan sabun cuci piring secara terus-menerus. Jadi, jangan gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan interior mobil, sofa ruang tamu atau malah jaket kulit kesayanganmu.

5. Membersihkan mesin

5 Hal yang tak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Terlalu banyak gelembung yang dihasilkan dari sabun cuci piring bisa merusak mesin dan memengaruhi kinerja dari mesin cuci kamu. Sebaiknya gunakan deterjen di mesin cuci dan sabun cuci piring di mesin cuci piring.