Brilio.net - Hidup kita memang dikelilingi oleh bakteri. Bahkan bakteri juga bisa menempel di kulit. Untuk membersihkannya, menggunakan air saja tidak cukup. Kamu membutuhkan sabun untuk membuat kulit kamu terbebas dari bakteri.

Dari jenis sabun yang ada, sabun antibakteri merupakan yang paling populer. Tapi, tahukah kamu bahwa sabun jenis ini sebenarnya tidak lebih dari sabun biasa?

Dikutip brilio.net dari time.com, Jumat (24/4), Dr Elaine Larson mengatakan, tidak ada temuan yang berbeda antara sabun antibakteri dan sabun biasa dalam hal penyakit dan infeksi.

Untuk membuktikan kesimpulan tersebut, ahli mikrobiologi dari Universitas Columbia, Amerika Serikat itu melibatkan 1.000 keluarga yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama merupakan keluarga yang menggunakan sabun antibakteri dan kelompok yang kedua menggunakan sabun biasa.

"Gagasan bahwa sabun bisa membunuh kuman atau bakteri adalah salah," kata Elaine. Dia menjelaskan bahwa sabun hanya memindahkan kuman agar tidak menempel pada tubuh. Tidak peduli jenis sabun yang dipakai. Yang lebih penting dalam membersihkan tubuh adalah menggosoknya bukan perkara jenis sabun. "Jika kita masih percaya bahwa sabun bisa membunuh bakteri, itu hanyalah propaganda iklan."

Seorang ahli mikrobiologi lainnya dari Universitas New York, Dr Martin Blaser mengatakan, sebuah iklan marketing telah membuat orang salah persepsi tentang sabun yang bisa membunuh bakteri. "Padahal kenyataannya tidak."