×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan asal pilih sabun, sabun batangan nggak cocok untuk cuci muka!

View Image

0

BRILIO » Life

Jangan asal pilih sabun, sabun batangan nggak cocok untuk cuci muka!

Kulitmu bisa jadi nggak sehat dan terancam rusak!

21 / 05 / 2015

Brilio.net - Walaupun sekarang sabun mandi ada yang berbentuk cair, beberapa orang ternyata masih menggunakan sabun batangan ketika mandi. Biar lebih praktis, dan supaya bisa berhemat, terkadang beberapa orang menggunakannya untuk mencuci muka sekalian. Wah, mending berhenti deh melakukan kebiasaan ini. Sabun mandi ternyata nggak cocok digunakan untuk mencuci muka, bikin kulit jadi nggak sehat, bahkan bisa rusak, lho! Hii...

Dilansir brilio.net dari Boldsky, Kamis (21/5), hal ini disebabkan karena sabun mandi batangan memiliki banyak kandungan bahan kimia. Dari mulai pewarna, pengawet, pewangi, soda kaustik, bahkan deterjen untuk menghasilkan busa. Kalau digunakan untuk kulit, siap-siap saja deh kulitmu jadi kering, kusam, bahkan rusak. Waduh!

Berikut ini 5 alasan kenapa kamu nggak boleh mencuci muka dengan menggunakan sabun batangan:

1. Mengganggu keseimbangan pH

Kadar pH sangat mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Jika tingkat keasaman dan basa kulitmu tidak seimbang, maka pertumbuhan bakteri menjadi tidak terkontrol.

Loading...

2. Bakteri baik melemah

Bakteri dalam tubuh manusia terdiri dari dua jenis, bakteri baik dan juga jahat. Kalau kamu mencuci muka dengan sabun batangan, bakteri baik justru akan mati sehingga kulitmu menjadi rentan infeksi.

3. Kulit kering dan kasar

Kamu pasti pernah mencuci baju kan? Biasanya setelah mencuci, tanganmu akan menjadi kering dan kasar. Kok bisa? Ini karena sabun cuci mengandung deterjen, sama halnya dengan sabun batangan. Bayangin deh, apa yang terjadi ketika kamu mencuci wajah dengan sabun batangan? Kulit pasti akan kehilangan kelembaban alaminya. Akibatnya kulit menjadi kering bahkan gatal-gatal. Ih serem!

4. Sistem kekebalan kulit hilang

Nggak cuma tubuh, kulit juga punya sistem kekebalan, lho! Mencuci muka dengan sabun wajah justru bisa bikin sistem kekebalatan kulit jadi gampang deh terserang bakteri jahat. Ini juga nih yang bakal bikin kulit jadi rentan jerawat.

5. Vitamin D hilang

kalau terlalu lama dibiarkan, kulit juga bisa mengalami kerusakan lho, salah satunya kehilangan vitamin D yang disebabkan rusaknya phH, ketidakseimbangan imun, dan bahan-bahan kimia lainnya dalam sabun batangan. Jadi bagaimana seharusnya mencuci muka? Gunakanlah sabun yang memang dikhususkan untuk wajah. Selain itu jangan lupa bersihkan muka menggunakan pembersih dan penyegar setelah seharian beraktivitas. Formulanya yang lembut nggak bikin kulit muka jadi rusak. Ganteng dan cantikmu naik 100 persen deh!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more