Brilio.net - Bukan kali ini saja Gresik mendapatkan penghargaan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sebelumnya, kota yang terletak antara Lamongan dan Surabaya ini pernah mendapatkan penghargaan ICT Pura tahun 2012, IDSA 2014, Juara Telecenter, IDSA e-Healt 2015, hingga PEGI (Pemeringkatan e-Government Indonesia) Jatim 2015.

Gresik dinilai layak disebut smart city karena mampu mewujudkan konektivitas elektronik di bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan logistik. Selain gresik, ada 80 kota dan kabupaten lainnya yang mendapatkan penghargaan dari PT Telkom ini.

Menurut Senior Manager Regional Enterprise Govermer dan Bisnis Service PT Telkom Indonesia Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar, sebagaimana dilansir dari kantor berita Antara, atas prestasi ini, Gresik berhak mendapatkan 10 acces point gratis untuk ruang publik, layanan pustaka digital, layanan data sosial media, analitic dan layanan Q-baca dari PT Telkom.

Sementara itu, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menyebutkan bahwa pengembangan dan pemanfaatan TIK di Gresik sudah dilakukan sejak tahun 2011. Pihaknya telah membangun jaringan fiber optik antar SKPD sepanjang 8 km yang semuanya bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam tata kelola pemerintahan.

"Kami telah membangun jaringan fiber optic antar SKPD sepanjang 8 km. Jaringan untuk empat belas kecamatan, serta pembangunan hotspot diruang publik," kata Sambari sebagaimana dilansir dari situs resmi Pemkab Gresik, Jumat (2/9).

Dia bertekad akan terus meningkatkan pembangunan di bidang TIK untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Sambari menyebutkan, salah satu upaya yang dilakukan untuk menjadikan Gresik berada dalam garda terdepan pembangunan di bidang TIK adalah dengan mengalokasikan kebutuhan internet untuk 330 desa di Kabupaten Gresik melalui dana Desa.

Usaha Pemerintah Gresik yang terus berusaha menciptakan smart city ini tidak hanya akan bikin keren desa-desa mereka, namun juga #BikinKerenIndonesia, karena Indonesia semakin maju dan nyaman untuk dikunjungi. Saat internet masuk ke semua desa di gresik, mayarakat pun bisa dengan mudah mengakses situs inspiratif seperti telkomsel.com/bikinkerenindonesia yang membuat mereka juga bisa dapat hadiah menarik.