×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Takut ditipu belanja online? Cek abal-abal atau asli lewat situs ini

View Image

0

BRILIO » Serius

Takut ditipu belanja online? Cek abal-abal atau asli lewat situs ini

Mendeteksi nomor HP dan rekening bank yang biasa digunakan para penjahat cyber.

30 / 03 / 2016

Brilio.net - Era internet sekarang ini memang memudahkan orang untuk melakukan segalanya lewat gadget. Salah satu yang paling terpapar efek internet tentu saja proses jual beli barang dan jasa. Belakangan, muncul banyak sekali lapak-lapak atau forum jual beli online yang bisa memudahkan penjual dan pembeli, yang berbeda daerah sekalipun untuk bertransaksi. Sayangnya, hal itupun sering dimanfaatkan para penjahat untuk melakukan aksi tipu-tipu dalam jual beli online.

Modus yang digunakan pun bermacam-macam, tapi yang paling sering digunakan adalah janji manis akan mengirim barang setelah si pembeli mengirim uang pembelian via rekening sebuah bank. Bagi yang sudah berpengalaman, mereka enggan melakukan transfer langsung, mereka cnderung memakai sistem Cash on Delivery (COD) alias ketemuan ataupun pakai jasa orang ketiga atau yang biasa disebut Rekening Bersama (Rekber). Tapi bagi orang awam, bisa saja mereka langsung percaya dengan modus tersebut dan menransfer sejumlah uang ke rekening yang diminta, banyak kan kasus-kasus seperti itu?

Nah, kabar baik buat kamu yang suka belanja online, belum lama ini ada sebuah situs yang bisa kamu kunjungi untuk mengecek nomor HP dan rekening bank para penjual yang sering melakukan tipu-tipu. Di situs www.penipu.id, akan mendeteksi nomor HP dan rekening bank yang biasa digunakan para penjahat cyber tersebut jika sudah masuk database situs tersebut.

"Alhamdulillah project sekian lama akhirnya selesai juga. Penipu.id ini adalah web yang dapat membantu kalian untuk mendeteksi apakah nomor hp dan rekening seorang penjual terdeteksi sebagai penipu atau bukan. Jadi misalnya kalian mau belanja di olshop instagram atau oa line, sebelum berbelanja kalian takut tertipu, copy rekeningnya atau nomor hp seller ke penipu.id dan kami akan memberi tahu apakah dia penipu atau bukan," tulis keterangan CEO penipu.id, Yudhistira BW seperti dilansir brilio.net, Rabu (30/3).

BACA JUGA: Dosen ini sedih dapat jawaban SMS mahasiswa zaman sekarang

Loading...

Meski masih baru, netizen sepertinya menyambut baik kahadiran situs ini. Terbukti hingga saat ini, pengumuman di Facebook tersebut sudah dibagikan ribuan pengguna Facebook dan mengomentarinya dengan baik. Misalnya akun Ida Nursanti yang menuliskan komentar, "Salut sama yg bikin semoga makin sukses", lalu Rya Heart menuliskan "bagus ini..biar ga sllu mencuri uang orang".

Meski begitu, karena masih baru, penipu.id butuh nih masukan dari kamu untuk update database mereka tentang nomor HP dan nomor rekening penipu. Untuk itu disediakan form untuk pelaporan di alamat penipu.id ini. Ayo berperan aktif mengurangi kejahatan cyber khususnya jual beli online.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    17%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more