Brilio.net - Internet saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Banyak sekali orang yang mendapatkan informasi via internet. Selain sebagai sumber informasi, ternyata internet juga bisa mengidentifikasi kepribadian penggunanya lho!

Baru-baru ini sekelompok peneliti dari Universiti Teknologi Malaysia merilis hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perilaku browsing seseorang ternyata dapat mengidentifikasi orang tersebut. "Penelitian kami menunjukkan bahwa ciri-ciri kepribadian seseorang dapat disimpulkan oleh penggunaan internet mereka," kata peneliti di Universiti Teknologi Malaysia Ikusan R Adeyemi, yang dilansir brilio.net dari The Statesman, Kamis (9/6).

Ikusan R Adeyemi menjelaskan, penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang hanya terfokus pada perilaku bermedia sosial seperti Facebook dan Twitter. Dijelaskan jika kebanyakan pengguna internet memanfaatkan internet sesuai tujuan awal mereka hanya pada 30 menit pertama. Selebihnya kebanyakan akan terbuai dengan berbagai hal lain yang bisa diakses di internet.

BACA JUGA: 10 Meme kocak beda tipis LDR dan jomblo menipu banget, awas kejebak!

Dalam penelitian itu disimpulkan bahwa orang yang dalam browsing tak cuma membuka media sosial lebih cenderung orang yang ekstrovert. Orang tipe ini akan lebih terbuka memanfaatkan waktu browsing untuk banyak hal.

Sementara orang yang saat browsing hanya terjebak pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya, lebih cenderung introvert atau tertutup. Mereka akhirnya hanya menghabiskan waktunya untuk bermedia sosial. Alhasil, waktu untuk berinteraksi fisik alias tatap muka dengan teman akhirnya berkurang karena sudah merasa cukup berhubungan via media sosial.

Selain itu, perilaku browsing ternyata juga dapat mencerminkan pilihan mereka dan preferensi mereka terhadap sesuatu yang dikendalikan oleh psokologis mereka.

Jadi, kamu cenderung orang ang ekstrovert atau introvert?