Brilio.net - Penemuan benda aneh di bawah permukaan tanah selalu menarik untuk dibahas. Biasanya benda tersebut memiliki bentuk yang aneh, dengan ukuran yang tak biasa. Seperti belum lama ini terjadi, warga di Padukuhan Kretek, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dikejutkan oleh penemuan benda mirip wajan berukuran raksasa.

Wajan raksasa terkubur di dalam tanah dan diangkut oleh eskavator yang berada di lokasi. Benda itu diyakini sebagai barang peninggalan Belanda. Video dan foto penemuan benda tersebut pun menjadi ramai di media sosial.

Melansir dari akun Twitter @upil_jaran67, sebuah benda menyerupai wajah raksasa ditemukan saat hendak melakukan pemerataan tanah untuk lapangan. Benda itu pun sukses menarik perhatian masyarakat karena ukurannya yang setinggi dada manusia dewasa.

penemuan landasan pompa air © 2021 berbagai sumber

foto: Twitter/@upil_jaran67

"Telah ditemukan benda mirip wajan raksasa di Dusun Pugeran, Jabidan, Banguntapan, Bantul saat eskavator melakukan pemerataan tanah untuk membuat lapangan," cuit akun @upil_jaran67, pada Rabu (1/9).

Belum diketahui pasti apa nama benda tersebut, namun warga yang berada di sekitar lokasi langsung menyerbu untuk mengabadikan benda itu lewat jepretan kamera.

penemuan landasan pompa air © 2021 berbagai sumber

foto: Merdeka.com/Fajar Bagas Prakoso

Berdasarkan informasi yang dikutip brilio.net dari merdeka.com, Jumat (3/9), wajan raksasa tersebut memiliki diameter sekitar 2,5 meter dan terbuat dari baja. Meski sekilas bentuknya mirip wajan, warga meyakini jika benda tersebut bukan peralatan masak. Melainkan landasan pompa air yang dipakai era penjajahan Belanda.

Kini benda yang diangkat dari dalam tanah itu sudah diberi garis polisi di sekelilingnya. Namun sebelum itu, masyarakat sudah lebih dulu ramai berdatangan untuk berfoto dengan benda yang disebut peninggalan Belanda itu.

penemuan landasan pompa air © 2021 berbagai sumber

foto: Twitter/@azisjunior

Penemuan benda menyerupai wajan ini juga menarik perhatian warganet di Twitter. Mereka meninggalkan berbagai tanggapan di postingan tersebut.

"Dulu ada penemuan sprti wajan begini, warga udah mikir sampe ke jaman kerajaan ternyata bekas pabrik gula pasca kolonial wkwk," kata @prassmanan.

"Padukuhan kretek kelurahan jambidan ndan, warga sekitar yg sepuh sudah tau kalau di sekitar situ tertimbun wajan dgn ukuran jumbo. Dan warga sekitar menyebut area tsb dgn nama kompan /pompa air karena dulunya buat perairan sawah," timpal akun @Rudisn8.

"Pernah ditemukan wajan sebesar gini juga dipekalongan,tapi dah lama kejadian nya," cerita @zacky_gh.