Brilio.net - Proses lelang merupakan kegiatan yang seru. Orang-orang akan saling menawar harga, hingga disepakati harga tertinggi. Biasanya barang-barang yang dilelang termasuk langka dan berharga seperti perhiasan.

Barang yang ditawarkan dalam momen lelang bisa sangat unik dan aneh. Bahkan ada juga organ tubuh yang dilelang. Serem tapi unik juga ya. Berikut brilio.net merangkum 8 kisah organ tubuh dilelang dilansir dari litverse.com, Kamis (11/1).

1. Lelang otak.

lelang organ tubuh © litverse.com

French Auctioneers Association, asosiasi lelang di Perancis pernah menawarkan barang unik yakni otak penulis terkenal Voltaire. Pelelangan tersebut dibenarkan oleh presiden asosiasi ini, Edouard Giard.

Loading...

Selain Voltaire, ternyata otak diktator Benito Mussolini pernah dilelang di situs online E-bay. Harga yang ditawarkan cukup tinggi yakni Rp 357 juta. Namun setelah pihak berwenang menyatakan pelelangan organ manusia tidak diperkenankan, harga otak Benito Mussolini jatuh pada Rp 240 juta.

2. Lelang rambut kepang artis.

lelang organ tubuh © litverse.com

Rambut kepang dari penyanyi Amerika Serikat, Willie Nelson pernah dilelang di E-bay lho. Rambut tersebut awalnya ia potong sebagai kado untuk penyanyi Waylon Jenings. Setelah Jenings meninggal rambut tersebut dilelang dengan harga tawaran Rp 496 juta.

3. Lelang gigi.

lelang organ tubuh © litverse.com

Aktor Corey Haim pernah melelang giginya yang lepas. Aktor dari Kanada ini awalnya melelang giginya di E-bay, namun mendapat larangan. Akhirnya ia melelang di situs lain dan berhasil terlelang.

4. Lelang jari, jempol dan gigi.

lelang organ tubuh © litverse.com

Beberapa bagian tubuh ilmuwan Galileo Galilei ditinggalkan dan tidak ikut dikubur. Bagian tubuh tersebut yakni jempol, hari dan gigi. Organ tubuh ilmuwan ini tidak boleh dimusnahkan sesuai perintah gereja saat itu. Nah setelah berganti zaman, organ tubuh tersebut sempat hilang lalu ditemukan oleh kolektor seni. Organ tubuh tersebut akhirnya dilelang juga sebagai artefak langka.

5. Lelang kaki.

lelang organ tubuh © litverse.com

Seorang pria bernama John Wood dari Carolina Selatan harus mengamputasi kedua kakinya karena sebuah kecelakaan. Kaki yang diamputasi tersebut ia simpan dalam mesin barbeque. Beberapa waktu berselang, John Wood melelang mesin tersebut lengkap dengan kaki di dalamnya. Pemilik baru mesin barbeque tersebut tidak sadar bahwa di dalam mesin ada kaki. Ketika mengetahui ada kaki, pemilik baru mesin barbeque menyerahkan kaki tersebut ke polisi untuk kemudian dikembalikan pada John Wood.

6. Lelang tulang.

lelang organ tubuh © litverse.com

Pada momen lelang besar di Schnecksville, Pennsylvania tahun 2012, ada dua barang unik yang dilelang. Barang tersebut yakni tulang sepasang pria dan wanita. Tulang tersebut milik kolektor barang-banrang aneh asal New York. Setelah melewati beberapa penawaran harga, tulang tersebut akhirnya didapatkan seorang kolektor dari Lancaster. Tulang pria dihargai Rp 12 juta sementara tulang wanita dihargai Rp 12,7 juta.

7. Lelang tangan.

lelang organ tubuh © litverse.com

Pada tahun 2007, asosiasi lelang I.M. Chait Gallery dari Kalifornia membuka acara lelang benda bersejarah. Salah satu benda yang dilelang yakni tangan mumi dari Mesir. Tangan mumi tersebut akhirnya didapatkan oleh pemilik galeri di Santa Monica, Amerika Serikat dengan harga Rp 60 juta. Namun setelah mendapatkan teguran dari pihak berwenang, tangan mumi tersebut dikembalikan dan disimpan dalam museum.

8. Lelang Mr. P

lelang organ tubuh © litverse.com

Ketika Napoleon Bonaparte meninggal, beberapa organ tubuhnya seperti Mr.P, jantung dan isi perut dikeluarkan oleh tim dokter. Organ tubuh tersebut dimumikan. Keluargnya menjual organ tubuh tersebut pada penjual buku di London. Mr P milik Napoleon Bonaparte pun selalu berpindah tangan dari satu kolektor ke kolektor lain. Pada sebuah momen lelang di Amerika tahun 1977, mr.P milik Napoleon Bonaparte akhirnya dimiliki oleh ahli urologi, John Lattimer.