Brilio.net - Bagi kamu yang sedang merencanakan memiliki anak atau sudah mengandung, seyogyanya sudah memikirkan biaya persalinan sejak dini. Apalagi seperti yang diketahui bersama, biaya melahirkan cenderung tinggi mulai dari belasan hingga puluhan juta. Apalagi sebagai orang tua, pasti menginginkan yang terbaik untuk anak.

Selain mempersiapkan biaya persalinan, calon ibu dan ayah juga perlu merencanakan ingin lahiran di rumah sakit mana. Memilih rumah sakit juga perlu mempertimbangkan jarak serta aksesnya supaya tidak bermasalah dikemudian hari.

Nah, bicara soal lahiran, pernahkah kamu terpikirkan untuk bersalin di luar negeri? Misalnya seperti di Jepang, kayak yang dilakukan oleh ibu muda yang berikut ini. Brilio.net melansir dari akun TikTok @kairo_in_japan, Kamis (24/8), wanita ini menceritakan secuil pengalamannya ketika memutuskan bersalin di negeri Sakura itu.

lahiran di jepang © TikTok

foto: TikTok/@kairo_in_japan

"Iseng lahiran di luar negeri. Eh malah dapet duit mulu," tulisnya dalam keterangan video.

Ibu muda itu menceritakan bahwa sejak memutuskan melahirkan di Jepang, dia banyak dibantu oleh pemerintah di sana. Alih-alih boncos karena harus keluar duit banyak, pasangan suami istri justru untung banget karena mendapat subsidi dari pemerintah Jepang.

"Ternyata dapet subsidi biaya persalinan 50jt dari pemerintah sini," ungkapnya.

lahiran di jepang © TikTok

foto: TikTok/@kairo_in_japan