Brilio.net - Baru-baru ini ramai di media sosial sebuah video yang menampilkan suatu keluarga tengah melakukan ritual atau syukuran untuk sebuah mobil baru. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok virgovirgooo yang merupakan kekasih dari sang pemilik mobil.

Ritual tersebut dipercaya sebagai doa sebuah mobil baru yang dibeli oleh kekasih si pengunggah. Sang kekasih yang baru saja membeli mobil tersebut lantas didoakan oleh ayah dari sang pemilik akun.

"Jauhi narkoba dekati orang tuaku," tulis si pemilik akun pada keterangan video tersebut, dikutip brilio.net dari laman TikTok @virgovirgooo, Senin (7/6).

Dari keterangan video, diketahui ritual dilakukan oleh sebagian orang suka Batak. Ritual semacam itu gunanya untuk mendoakan kendaraan baru agar tidak terjadi hal yang diinginkan, dan agar mobil bisa awet.

Dalam video tampak sebuah mobil berwarna putih terparkir di bagian depan rumah. Terlihat masih sangat baru, bahkan kursi-kursi juga masih dilapisi oleh plastik.

Dalam ritual yang dilakukan di video tersebut, tampak sang ayah dari pengunggah membawa lima butir telur yang kemudian ia pecahkan di ban mobil dan juga kap mesin yang sudah dibuka.

ritual mobil baru unik berbagai sumber


foto: TikTok/@virgovirgooo

Ritual selanjutnya yaitu dengan menggunakan selembar daun yang sudah direndam air lalu dicipratkan ke mobil. Tak hanya itu, sang ayah pemilik akun juga menaburkan beras ke arah mobil.

Bukan hanya mobil, pemilik mobil pun ikut mendapatkan ritual dari sang calon ayah mertua. Terlihat dalam video, kepala dari pria tersebut ditaburi beras oleh sang ayah si pengunggah.

ritual mobil baru unik berbagai sumber


foto: TikTok/@virgovirgooo

"Didoakan keluarga pacar," tulis pemilik akun dalam video tersebut.

Video itu viral dan ditonton lebih dari 1,6 juta pengguna TikTok. selain itu video itu mendapatkan tanggapan bahwa kepercayaan adalah milik masing-masing.

"Di Madura juga gini setiap beli kendaraan baru. Dimandikan bunga, terus dibiarkan semalaman terus keesokan paginya baru boleh dipake," tulis akun @Zaitun Fatimah.

"Ortu gw bgt, katanya biar barang sm orangnya ga terjadi hal-hal aneh tapi dibawa di dalam doa juga kok," tulis akun @madamee11.

"Orang Aceh juga ada kok adat kek gitu namanya "peusijuk" setiap ada kendaraan yang baru rumah baru pasangan yang baru nikah, pas hamil 7 bulan atau yang baru buka usaha selalu dibuat kaya gitu," tulis @akun kentang rebus.

@virgovirgooo

Jauhi narkoba dekati orang tuaku ##fyp ##fypgakni ##culture ##batak ##meda

mimpi terindah - Waauu