Brilio.net - Pada tahun 2020 lalu, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang rupiah edisi khusus senilai Rp 75 ribu. Seperti yang diketahui, uang dengan nominal tersebut diedarkan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75.

Namun, tahukah kamu? Rupanya bukan kali itu saja lho BI mengeluarkan uang rupiah beredisi khusus. Dilansir Brilio.net dari akun TikTok @japrifajri, Senin (15/2), diketahui bahwa BI ternyata juga mengedarkan uang uncut banknotes atau uang rupiah kertas bersambung.

Dari video unggahan @japrifajri yang lantas menjadi viral itu, uang kertas tersebut terdiri dari 1 lembar besar yang memuat 4 uang pecahan Rp 100 ribu.

uncut banknotes © TikTok

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Menariknya, tak hanya dikemas dalam wadah yang elegan, BI juga menyertakan sertifikat khusus terkait dengan keaslian uang yang dijualnya tersebut. Tak pelak, sejumlah masyarakat, terutama para kolektor uang pun berbondong-bondong mengincar uang edisi khusus tersebut.

"Uang belum dipotong, check. Jadi temen-temen, gue habis beli uang rupiah khusus dari Bank Indonesia atau yang bisa disebut salah satunya uang bersambung atau uncut banknotes. Jadi ... uangnya nggak dipotong sama sekali dan ini asli, bukan tipu-tipu, ... dan dapat sertifikat. Ini biasanya dijual untuk kolektor," ucap Fajri Alfaina dalam videonya.

Kendati begitu, mereka yang bukan kolektor pun tetap dapat memiliki uang edisi khusus ini. Caranya, masyarakat hanya perlu datang ke Kantor BI terdekat dengan membawa KTP asli dan tidak boleh diwakilkan. Sayangnya, pembelian hanya dapat dilakukan satu kali bagi setiap pemilik KTP lantaran jumlahnya terbatas.

Sementara itu, dikutip dari Bank Indonesia, harga untuk mendapatkan uang tersebut pun bervariasi sesuai dengan nominal uang yang akan dibeli.

Untuk pecahan Rp 100 ribu isi 4 lembar, ditambah pajak, dihargai dengan nilai Rp 1.115.000. Lalu, pecahan Rp 50 ribu isi 4 lembar berharga Rp 695 ribu, sedangkan pecahan Rp 20 ribu dengan 4 lembar isi dibanderol Rp 399 ribu.

@japrifajri

Uangnya ga dipotong dong ##tiktokfyp ##fyp ##stitch ##bankindonesia

original sound - Fajri Alfaina

Lepas dari itu, terhitung hingga hari ini, video dari @japrifajri telah ditonton lebih dari 2,5 juta kali dan mendapat lebih dari 194 ribu like. Melalui kolom komentar, banyak netizen yang lantas menanggapi unggahan tersebut dengan beragam respons, mulai dari serius hingga bercanda.

"team uang sobek masih di lakban yuuk mundur alon alon," tulis akun teh dewi.

"punya uang ga di potong kok bangga, gue punya uang disambung solatip berkali" biasa aja," komentar akun Kayl.

"the real UANGNYA GEDE BANGET DEE GAADA UANG KECIL APA," tulis akun aueeuo.

"fiks kalau lihat harganya gue milih sambung sendiri dah," komentar akun Slamet Ibrohim.

(brl/tin)