×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
 Ini tokoh berdarah Minang di mata uang 3 negara asing

View Image

0

BRILIO » Wow

Ini tokoh berdarah Minang di mata uang 3 negara asing

foto: notescollector.eu/ethnipedia.wikia.com/therichest.com

Hayo kamu kenal nggak nama mereka?

13 / 01 / 2017

Brilio.net - Jika kamu mendengar kata Minang, tentu yang ada di pikiranmu adalah 'Nasi Padang'. Ya, orang Minang memang terkenal merantau ke seluruh pelosok negeri dan tentunya itu jadi salah satu faktor rumah makan Padang ada di mana-mana. Tak cuma itu, banyak juga tokoh-tokoh berdarah Minang yang jasanya besar bagi kemerdekaan Indonesia. Sebut saja Bung Hatta yang merupakan Pahlawan Proklamator.

Tokoh-tokoh Minang ternyata juga diakui sebagai orang yang paling berpengaruh di luar negeri. Namun beberapa di antaranya sudah tak lagi berkewarganegaraan Indonesia, mereka sudah menetap di luar negeri sejak lama. Bahkan, potret mereka diabadikan di mata uang Singapura, Malaysia, hingga Brunei Darussalam.

Kamu pasti penasaran dengan sosok mereka? Berikut tokoh-tokoh Minang yang ada di mata uang 3 negara asing yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (13/1).

1. Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad

putra minang di mata uang negara asing  © 2017 berbagai sumber

Loading...

foto: ms.wikipedia.org

Pada mata uang 50 Ringgit Malaysia tertera wajah Yang Di-Pertuan Agong Malaysia yang pertama yaitu Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad dari Negeri Sembilan. Beliau adalah yang Di-Pertuan Besar Negeri Sembilan (bertaraf Sultan atau Raja) dari tahun 1933-1960.

Negeri Sembilan adalah sebuah negeri yang dihuni oleh suku Minangkabau semenjak abad ke-15. Tuanku Abdul Rahman yang gambarnya ada di mata uang Malaysia adalah keturunan kelima dari Sultan Abdul Jalil, dari Pagaruyung.

2. Tun Daud Jusuf Ishak

putra minang di mata uang negara asing  © 2017 berbagai sumber

foto: indrasr.blogspot.co.id

Pada Mata uang 50 Dollar Singapura bergambar Tun Daud Jusuf Ishak keturunan Datuk Jonaton generasi ke-4. Keluarganya berasal dari Pagaruyung Tanah Datar yang merantau ke Malaysia sejak tahun 1730, kemudian hijrah ke Singapura serta memimpin Negara Singa itu. Namanya hingga kini tetap abadi dan fotonya menjadi ciri mata uang dollar Singapura.

3. Sultan Hassanal Bolkiah

putra minang di mata uang negara asing  © 2017 berbagai sumber

foto: banknotenews.com

Mata uang Brunei Darussalam ini bergambar Sultan Hassanal Bolkiah yang merupakan pemimpin negara tersebut. Sultan Brunei itu juga merupakan urang awak asal Piobang Payakumbuh. Namanya terpasang di mata uang negaranya dan beberapa ruas jalan di negara kaya minyak itu ada nama jalan seperti Piobang 1 hingga Piobang 5.

Dalam buku 'Tarsilah Brunei: The Early History of Brunei up to 1432 AD' karya Mohd. Jamil al-Sufri menyebutkan bahwa, dari silsilah raja-raja Brunei Darussalam diketahui pendiri kerajaan ini adalah Awang Alak Betatar atau yang bergelar Sultan Muhammad Shah, berasal dari Minangkabau.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more