Ketika memasuki bulan Ramadan, para umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Sebelum berpuasa, umat muslim akan mengawalinya dengan sahur waktu dini hari, kemudian menahan lapar selama siang hari hingga adzan maghrib berkumandang.

Di Indonesia, terdapat budaya untuk membangunkan warga sahur lewat toa masjid. Ini bertujuan agar semua warga bisa terbangun dari tidurnya dan segera menjalankan makan sahur.

Dilansir brilio.net dari berbagai akun TikTok pada Jumat (16/4), di zaman modern ini justru ada beberapa warga yang membangunkan sahur tapi dengan cara melantunkan musik TikTok yang biasa mereka lihat dan dengar di media sosial.

Seperti belakangan ini, lagu milik Duncan Laurence yang bertajuk Arcade (Loving You Is A Losing Game) sedang viral di TikTok. Agar membuat masyarakat sekitarnya semakin mudah untuk bangun sahur, pemilik akun TikTok @wildanrusli_ ini pun menggunakan nada dalam lagu tersebut untuk memberikan seruan sahur.

@wildanrusli_

bangunin sahur TITAN ##fyp ##foryou ##attackontitan ##aot ##pasukanpengintai ##ackherman

Loading...
original sound - jijiiiiiiiii

Bukan hanya itu, ada pula pemilik akun TikTok @aderifqi yang menggunakan lagu TikTok 'Panik ngga' yang sedang sangat viral di TikTok untuk membangunkan warga untuk sahur.

Ade kemudian mengganti kosa katanya dengan, "Sahur gak? Sahur gak? Sahurlah, masa enggak," ujarnya sembari memberikan seruan sahur kepada warga kompleks sekitarnya.

@aderifqi

Denger gak woy

Panik ngga - Ragil

Dua cara membangunkan sahur itu kini viral di TikTok dan membuat warga TikTok merasa bahwa cara bangunkan sahur ini sangat unik.

"Wah seru banget deh kalo cara bangunin sahurnya begini, ala TikTok banget hahaha," tulis akun @Aryaaa.

"Ini kalo gue denger seketika bangun sambil ngakak karena jadi keinget TikTok," tulis akun @Zzvictory.

"Puasa tahun ini bangun dengan berbagai kreativitas lagu dari warganet TikTok, emang ya orang +62 kreativitasnya bener-bener gak usah diragukan lagi," tulis @Melania33.

"Semenjak TikTok ada, romadhon kita terlengkapi keindahannya dan keramaiannya karena TikTok, walau puasa sekarang vibesnya beda," tulis akun @Syndromepinokio.

"Sumpah ya kalo ditempat gue masa dibangunin pake sound mimi peri gitu wkwkwkwkkw," tulis akun @Nadanada.