Brilio.net - Beberapa waktu belakangan universitas di Indonesia disibukkan dengan kegiatan ospek mahasiswa baru (maba). Seperti biasa, sebelum memulai aktivitas reguler sebagai mahasiswa, maba harus melewati serangkaian kegiatan pengenalan kampus.

Belum lama ini, ada kejadian haru yang terekam kamera pada penyelenggaraan ospek di salah satu kampus. Pada video yang diunggah oleh akun Twitter @ucharmdhn, terlihat ada sebagian peserta ospek yang salat di tengah lapangan kampus. Tapi kemudian, tiba-tiba turun hujan deras.

Namun yang bikin warganet salut adalah respons dari para panitia ospek. Mereka dengan sigap langsung mengambil beberapa banner untuk memayungi para mahasiswa baru yang sedang salat di tengah lapangan itu. Meski demikian, para jemaah yang salat di tengah hujan ini bergeming dan tetap melanjutkan ibadahnya.

"aku mau share kejadian di kampusku pas PBAK hari ke 3 tadi, maba lagi sholat di taman tbtb hujan deras panitia lgsg cari banner bekas supaya mereka gak kehujanan," tulis akun @ucharmdhn seperti brilio.net lansir dari unggahannya pada Jumat (30/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kemudian banyak warganet yang menanyakan alasan para maba yang salat di tengah lapangan, bukannya di masjid atau musala kampus. Sang pengunggah memberikan klarifikasi bahwa hujan turun saat jam istirahat. Ketika jam istirahat yang mepet dan banyak mahasiswa yang menunaikan ibadah di musala, kebetulan para maba ini tidak kebagian tempat. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk salat di tempat itu.

Usai diunggah oleh akun @ucharmdhn, video tersebut jadi perbincangan warganet dan telah ditonton sebanyak lebih 200 ribu kali. Sementara itu, cuitannya yang diunggah ulang oleh akun @tanya2rl telah di-retweet sebanyak 10 ribu kali. Meski awalnya sempat keheranan, namun banyak warganet yang menyampaikan reaksi salut atas perlakuan dari panitia ospek tersebut.

"yg pd nanya kenapa solat ditaman,itu mereka ospek ada ribuan mahasiswa kalo semua ke musholla mana muat mau gantian jg gabakal sempat krna psti singkat break isoma nya," ungkap akun @younggavenger.

"Panitia keren. Ambil postifinya, kepedulian di indonesia masih ada," tulis akun @sellymo99.

"Bersyukurlah bisa beribadah walau hujan2an namun masih ada yg memayungi," ujar akun @smarthadinata.

(brl/guf)