Dalam menjalani hidup, tentu kita perlu memiliki penghasilan agar bisa tetap bertahan. Untuk memiliki penghasilan sendiri ada dua berbagai cara. Bisa memilih jalan mencari duit dengan bekerja, atau membuka usaha sendiri.

Untuk yang memilih jalan usaha, maka harus siap dengan yang namanya momen rugi. Meski begitu, jika ditekuni dan mau belajar, usaha yang awalnya kecil dan sesekali merugi malah bisa jadi usaha yang besar.

Selain itu, prinsip dari usaha adalah jangan meremehkan usaha orang yang tampak seperti usaha kecil-kecilan. Sebab tak pernah ada yang tahu apa yang sudah si pengusaha dapatkan dari usaha yang dianggap usaha kecil-kecilan oleh orang lain.

Seperti kisah Harsono ini contohnya. Seorang pedagang cilok ini viral di TikTok berkat kesuksesannya. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @maknanananakkostjember pada Kamis (24/6), Harsono ini dikatakan sangat sukses. Kesuksesannya itu dibuktikan dia bisa memiliki 3 apartemen, 13 kontrakan, dan juga sawah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

viral penjual cilok punya 3 apartemen Berbagai sumber

foto: TikTok/@maknanananakkostjember

Tak hanya itu, bahkan pada 2019 lalu Harsono dikatakan sudah menaikkan haji orang tuanya dari hasil usaha jualan cilok juga.

Diceritakan bahwa omzet dari berjualan ciloknya sudah sampai menyentuh angka lima juta rupiah dalam sehari. Omzet itu bukan yang terbaik dan bisa dibilang adalah omzet setelah ada pandemi. Untuk omzet sebelum pandemi sendiri bisa mencapai delapan juta rupiah dalam satu hari.

viral penjual cilok punya 3 apartemen Berbagai sumber

foto: TikTok/@maknanananakkostjember

Bukan hanya omzet besar, namun sebelum pandemi menyerang, cilok Edy sendiri sudah memiliki cabang di beberapa di Probolinggo dan Bondowoso, Jawa Timur.

viral penjual cilok punya 3 apartemen Berbagai sumber

foto: TikTok/@maknanananakkostjember

Kisah cilok Edy yang dimiliki oleh Harsono ini kini tengah ramai di TikTok dan sudah disaksikan lebih dari 2,2 juta kali. Selain itu, video ini juga menuai beragam tanggapan dari warganet di kolom komentar.

"kata dosenku orgnya pns, petugas kebersihan, bersih2nya di jl jawa tiap pagi sampe skrg pnsnya ga dilepas. kalo berangkat nyapu bawa mobil," tulis akun @nurmajion

"Sorry saya sebagai penanam saham harian masa kuliah dlu..harusny dapet bagian pak!!!" tulis akun @PrastrickaT yang diduga adalah bekas pelanggan cilok Edy.

"Bener nj*r tetangga gue udh bisa bangun rumah awals dari julan bakso kojek kayak cilok gini," tulis akun @Melani Widdia Willia.

@makanananakkosjember

Beli apartemen dari hasil jualan cilok##fyp ##DancewithJTrust ##kulinertiktok ##foryoupage ##kulinerjember ##inigayague ##fyp ##foryou ##fyyyyyppppp

Cidro 2 (Panas Panase Srengenge Kui) - Lek Dahlan

(brl/red)