Brilio.net - Bagi kamu pecinta One Piece atau Naruto pasti langsung tau ketika mendengar kata anime. Iya, itu adalah animasi asal Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari animation dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi.

Anime mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Anime pertama yang ditayangkan di Indonesia adalah Wanpaku Omukashi Kum Kum, yang diproduksi oleh Toei Animation dan ditayangkan di TVRI pada tahun 1973.

Selanjutnya anime semakin populer di Indonesia. Hal ini ditandai dengan penayangan beberapa anime seperti Doraemon, Dragon Ball, dan Sailor moon. Di tahun 2000-an, anime semakin banyak datang seperti Naruto dan juga One Piece. Bahkan, One Piece belum tamat hingga saat ini.

Masuk anime ke Indonesia tentu membawa dampak, salah satunya adalah bahasa. Dalam penelitian yang berjudul "Pengaruh Anime Terhadap Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2015-2017 Universitas Brawijaya" menyatakan bahwa anime dapat menjadi sarana belajar bahasa Jepang yang efektif.

Salah satu contohnya adalah kasir Indomaret ini. Lewat sebuah video yang diposting oleh akun @kencampur tampak seorang pria yang berasal dari Jepang sedang berbelanja di Indomaret. Pria tersebut merupakan mahasiswa yang berkuliah di Universitas Indonesia.