Brilio.net - Kebiasaan menyontek tentu menjadi hal tak terpuji yang dikhawatirkan bisa mempengaruhi karakter para murid. Jangan sampai aksi menyontek saat ujian sekolah dipandang umum sebagai perbuatan yang biasa terjadi. Untuk itulah, peran guru pengawas ujian sangat diperlukan.

Nah, baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan aksi guru pengawas ujian yang menemukan trik jitu mencegah para murid menyontek. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @sha_saku pada Rabu (16/3), guru ini menyalakan siaran langsung di media sosialnya dan merekam para siswa yang tengah ujian.

Sementara itu, si guru tampak santai berjalan keliling kelas memperhatikan para muridnya. Tentu saja, para murid tak mampu berkutik. Sebab, mereka bukan hanya diawasi oleh satu guru, namun juga diawasi oleh 10.000 warganet yang kala itu menonton siaran langsung tersebut.

guru pengawas live streaming Berbagai sumber

foto: TikTok/@sha_saku

"Ujian sekolah diawasin 1 pengawas (X). 10 ribu netizen (V)," tulis si pengunggah video.

Video ini pun kembali diposting pada 15 mARET 2022 di TikTok hingga viral dan ditonton lebih dari 7,4 juta kali. Terlihat dalam cuplikan siaran langsung tersebut, para warganet ada yang ikut melaporkan gerak-gerik murid saat ujian, dan ada pula yang menonton karena ingin nostalgia masa sekolah.

"pojok kanan pak," kata akun @nina.mochriedien melapor.

"pada liat Google tuh pak," imbuh akun @ydhps_

"pak ada murid yang join live bapak," kata akun @kobayyyishere

@sha_saku ujian zaman now #fyp #viral #gapernahfyp @mr_aldi1212 suara asli -