Brilio.net - Kegiatan belajar mengajar selama masa sekolah tentu mempelajari banyak hal. Salah satunya yakni mengenai pelajaran agama terkait pernikahan. Hal itu bertujuan agar para siswa lebih memahami mengenai rukun dan syarat sah pernikahan.

Tidak hanya belajar secara teori, terkadang agar memudahkan para siswa memahami materi, guru melakukan berbagai metode. Salah satunya yakni dengan mengadakan ujian praktik secara langsung.

Seperti sebuah video yang belakangan ini ramai beredar di media sosial. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @dinidinoo_, Kamis (2/9), ia mengunggah sebuah video ujian praktik ijab qabul dalam pernikahan di sekolah.

@dinidinoo_

serasa nikah beneran ##fyp ##xyzbca ##anaksekolah

Anak Sekolah - andhika duy

 

Dalam video terlihat ujian praktik menikah yang menghadirkan guru dan beberapa siswa yang berperan sebagai mempelai laki-laki dan perempuan, wali dari perempuan, saksi, dan penghulu ini diselenggarakan di sebuah aula besar, lengkap dengan dekorasi pelaminan.

Bahkan, kedua siswa yang akan praktik menikah, tampak menggunakan busana pengantin sungguhan, dengan puluhan siswa-siswi lainnya yang berjalan sebagai pengiring pengantin. Tidak lupa, mereka yang berperan menjadi keluarga pihak lelaki yang membawa seserahan.

ujian praktik menikah di sekolah ini layaknya hajatan sungguhan © TikTok/@dinidinoo_

foto: TikTok/@dinidinoo_

Dari video tersebut sepertinya proses ujian praktik tersebut diselenggarakan sebelum pandemi. Hal ini terlihat dari video bahwa semua orang tidak menggunakan masker.

Kemudian secara totalitas ujian praktik tersebut melibatkan siswa lain yang berperan sebagai tamu undangan dengan menggunakan pakaian layaknya orang kondangan sungguhan.

ujian praktik menikah di sekolah ini layaknya hajatan sungguhan © TikTok/@dinidinoo_

foto: TikTok/@dinidinoo_

Tidak hanya itu saja, dalam video bahkan terdapat payung pengiring pengantin hingga tarian persembahan untuk menyambut pengantin menuju pelaminan. Tampak pula dua guru yang berperan sebagai orangtua pasangan pengantin, yang mengenakan seragam senada, duduk bersama pengantin di pelaminan.

Setelah pernikahan digelar, para tamu pun ramai-ramai memberi selamat dan melakukan sesi foto pada pasangan yang baru saja menikah.

ujian praktik menikah di sekolah ini layaknya hajatan sungguhan © TikTok/@dinidinoo_

foto: TikTok/@dinidinoo_

Unggahan @dinidinoo_ pada akun TikTok miliknya itu pun mencuri perhatian dari warganet lainnya. Banyak warganet yang berkomentar memberikan respons terkait video tersebut.

"disini ku memikirkan total uang sewanya abis berapa," balas @in.

"seru banget wehh di sklh gw gada praktek nikah gr2 masih covid dan sampai lulus jg gada beginian," komentar @dnaggrn.

"semoga sekolahku terinspirasi ketika melihat ini," tulis @annisa.