Brilio.net - Cawapres nomor urut 02 beberapa kali menyebut Tom Lembong saat menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 03 yaitu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dalam debat semalam Gibran mengajukan pertanyaan mengenai isu Lithium Ferro Phosphate (LFP) kepada Cak Imin. Menurut Gibran materi itu sering digaungkan oleh Tom Lembong.

"LFP, Lithium Ferro Phosphate. Tadi udah saya bilang, itu sering digaungkan pak Tom Lembong itu," kata Gibran.

Bukan cuma itu, Gibran mengatakan bahwa Cak Imin tidak mengetahui soal LFP atau bahan pengganti nikel, sementara tim sukses AMIN justru sering membicarakan soal LFP. Cawapres nomor 02 pun menduga apakah timses dan cawapresnya tidak berdiskusi soal ini.

"Ini agak aneh, ya. Yang sering ngomongin LFP itu timsesnya tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa. Saya nggak tahu ya Pak Tom Lembong dan timsesnya sering nggak membahas diskusi dengan cawapresnya. Masa cawapresnya nggak paham," ungkap Gibran.

tom lembong jawab pertanyaan presiden © berbagai sumber

tom lembong jawab pertanyaan presiden
YouTube/KPU RI

Gara-gara hal tersebut, nama Tom Lembong menjadi buah bibir di jagat maya. Sebagai Co-Captain dari Timses AMIN, dia kemudian bikin sejumlah orang penasaran. Terutama track record Tom Lembong di dunia politik Indonesia. Pembahasan ini bergulir di semua media sosial, salah satunya momen ketika Tom Lembong diminta menjawab pertanyaan oleh Presiden Joko Widodo pun kembali viral.