Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), verifikasi adalah pemeriksaan tentang kebenaran terhadap laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya. Istilah verifikasi familier dan sering digunakan di beberapa bidang mulai dari lingkup akademik hingga penggunaan media sosial. Secara sederhana, verifikasi merupakan sebuah tahapan untuk memastikan bahwa data yang diinput adalah benar sehingga dapat mengurangi terjadinya eror dan kesalahan lainnya.

Verifikasi menjadi salah satu tahapan yang penting di dalam penyusunan hasil penelitian. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai verifikasi, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (19/7).

Pengertian verifikasi

pengertian verifikasi dan prosesnya © berbagai sumber foto: Unsplash/Markus Winkler

Verifikasi adalah pembentukan kebenaran terhadap suatu teori atau fakta atas data yang dikumpulkan. Pada tahap verifikasi, biasanya data yang dikumpulkan akan diolah dan dianalisis agar dapat diuji secara hipotesis. Hipotesis kemudian diuji menggunakan fakta empirik agar mendapatkan jawaban yang benar secara ilmiah. Verifikasi juga dapat diartikan sebagai sebuah proses membandingkan dua hal atau lebih yang bertujuan untuk memastikan kebenaran atas sebuah informasi. Istilah verifikasi kerap digunakan di berbagai bidang salah satunya adalah untuk penelitian.

Pada tahap penelitian ilmiah, verifikasi menjadi salah satu yang harus dilakukan peneliti untuk memastikan suatu kebenaran. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan empirik dan pengujian ilmiah. Selain definisi di atas, verifikasi juga memiliki makna sebagai upaya konfirmasi yang dilakukan untuk membuktikan bahwa seluruh persyaratan yang ditentukan telah terpenuhi. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa verifikasi adalah sebuah pengujian sistem untuk membuktikan bahwa seluruh persyaratan telah terpenuhi agar mengurangi eror pada saat input data.

Selain dalam lingkup penelitian, istilah verifikasi juga dapat ditemukan pada lingkup penggunaan media sosial. Verifikasi akan muncul ketika pengguna media sosial melakukan pembaruan akun seperti membuat kata sandi baru. Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diinput adalah sama dan tidak ada kesalahan yang terjadi.