Brilio.net - Istilah populasi pastinya sudah nggak asing lagi di telinga ketika menjalankan penelitian. Populasi merupakan jumlah keseluruhan objek penelitian. Selain itu, populasi juga bisa diartikan sebagai jumlah keseluruhan dari satuan-satuan atau individu yang karakteristiknya hendak diteliti.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah, jumlah orang atau pribadi yang memiliki ciri-ciri yang sama, jumlah penghuni baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu; sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel atau sekumpulan yang memenuhi syarat tertentu.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, ini pengertian populasi dan cirinya dari populasi, Jumat (3/6).

Pengertian populasi.

Populasi adalah seluruh objek penelitian © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Berikut ini pengertian populasi menurut beberapa para ahli, antara lain.

1. Husaini Usman.

Populasi adalah semua nilai, baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kuantitatif maupun kualitatif, dari karakteristik tertentu mengenai sekelompok objek yang lengkap dan jelas.

2. Sugiyono, 1997.

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

3. Arikunto Suharsimi, 1998.

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah peneliti, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.

4. Sudjana, 2010.

Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya.

5. Ismiyanto.

Populasi adalah keseluruhan subjek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, suatu hal yang di dalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi berupa data penelitian.

6. Hadari Nawawi, 1983.

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang dapat terdiri drai manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilai tes, atau peristiwa-peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian.

7. Morissan, 2012.

Populasi adalah sebagai suatu kumpulan subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Kita dapat meneliti setiap anggota populasi untuk mengetahui sifat populasi yang bersangkutan.

 

[crosslink_1]