Cak Faiz, sapaan akrabnya, diketahui memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dengan berjualan sembari menjadi sopir di waktu-waktu tertentu.

"Jualan setiap hari di sini?" tanya sang pemilik video dalam akun TikTok @londokampung.

Tukang bubur kacang ijo jago bahasa Inggris dan Jepang TikTok

foto: Twitter/@londokampung.official

"Iya di sini. Tapi terkadang aku menjadi pengemudi (sopir)," ungkap Faiz dalam bahasa Inggris, dikutip brilio.net dari akun TikTok @londokampung, Jumat (6/1).

Meski sibuk dengan kegiatan sehari-harinya mencari nafkah, Faiz tak mau terjebak begitu saja. Dia tetap mencari celah dan kesempatan untuk memanfaatkan waktu untuk belajar, termasuk belajar bahasa asing.

Sembari bekerja, Faiz menyempatkan diri untuk belajar bahasa Inggris dan Jepang. Cak Faiz mengungkapkan, awalnya ia sempat bekerja di area pantai.

"Di mana kamu belajar bahasa Inggris dan Jepang?" tanyanya.

"Aku belajar di pantai. Dulu aku bekerja di sekitar pantai," ungkap Faiz.

Bukannya kursus secara formal, Cak Faiz justru belajar bahasa asing secara otodidak. Faiz sengaja bergaul dengan generasi muda untuk berguru bahasa Inggris.

Tukang bubur kacang ijo jago bahasa Inggris dan Jepang TikTok

foto: Twitter/@londokampung.official

"Aku tanya ke murid yang masih muda, sepertinya masih anak-anak. Dia jago bahasa Inggris," terangnya.

Kendati demikian, Faiz tak mau belajar secara cuma-cuma. Faiz pun memberi dagangan gratis kepada para anak muda yang bersedia menjadi guru bahasa asingnya dulu kala.

"Lalu selama 5 tahun menghafalkan 5 kata setiap hari. Aku membayarnya dengan apapun minuman yang dia inginkan, semuanya gratis," tuturnya.

Bagi Faiz, siapa saja sebenarnya dapat mempelajari bahasa asing. Semua hal tersebut tergantung pada pribadi masing-masing. Kemampuan Faiz yang dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dan Jepang tersebut turut menuai pujian. Banyak dukungan positif yang senantiasa mengalir.

"Sempat tak ingat nama anaknya, ini 11 momen hangat Indra Bekti bareng kedua buah hati," ungkap @seandy.

"Bahkan kedengeranya logat nya british," tambah @asamlambung.

"Ngalahin guru bahas inggris di sekolah," tutur @barangbekas.

"Kueren bahasa inggrisnya si bapak faiz," imbuh @kartikawahyu.

"Ini Lebih keren dari pada guru bahasa inggris di sekolah pak," ucap @cus.

 

@londokampung.official Kaget!! Penjual bubur kacang ijo jago bahasa inggris, yang mau belajar Bahasa Inggris cukup beli dagangannya aja. #Londokampung #Bulejawa original sound - Londokampung