Brilio.net - Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprei. Mesin cuci biasanya menggunakan air untuk mencuci, tetapi ada juga yang menggunakan cairan pembersih alternatif. Dengan bantuan mesin cuci, dapat membantu kamu mencuci pakaian dengan lebih efisien, praktis, dan higienis.

Mesin cuci terdiri dari beberapa bagian utama, seperti bak pencucian, bak peras atau pengering, saklar, selang inlet dan outlet air, motor listrik, kapasitor, timer, kabel arde, karet, dan pulsator. Mesin cuci bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang digunakan untuk menggerakkan pulsator dan bak pengering. Mesin cuci juga dilengkapi dengan perangkat kontrol yang memungkinkan kamu mengatur durasi dan program pencucian sesuai kebutuhan.

Bisa dibilang mesin cuci sangat bermanfaat untuk meringankan pekerjaan manusia dalam membersihkan pakaian. Walau begitu, mesin cuci juga memiliki beberapa kekurangan, seperti rawan kotor dan berjamur. Salah satu bagian mesin cuci yang rawan jamur adalah bagian karet pada pintu mesin cuci.

Terkadang, mesin cuci yang kotor dan berjamur dapat mengganggu kinerja membersihkan pakaian. Termasuk menyebabkan pakaian berbau tidak sedap dan tidak higienis. Nggak heran jika banyak yang kesal jika mesin cucinya berjamur seperti pada bagian karet mesin cuci.

Jamur pada karet mesin cuci mungkin akan membuat banyak orang kesal. Namun begitu, kamu bisa membersihkannya dengan lebih mudah menggunakan trik dari pemilik akun TikTok @mieconiaa yang brilio.net lansir pada Sabtu (4/11).

Trik mudah bersihkan jamur di karet mesin cuci © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@mieconiaa

Pada unggahan tersebut, @mieconiaa mempunyai mesin cuci otomatis yang dilengkapi karet pada pintunya. Namun sebelumnya perlu kamu ketahui, mesin cuci memiliki beberapa jenis, seperti mesin cuci manual, semi otomatis, dan otomatis. Mesin cuci manual membutuhkan intervensi manusia untuk mengoperasikannya, seperti mengisi air, memindahkan pakaian dari bak pencucian ke bak pengering, dan menguras air.