Brilio.net - Transmigrasi adalah salah satu program pemerintah dalam rangka pemecahan masalah kependudukan, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Transmigrasi juga dapat diartikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduk ke wilayah yang masih dihuni oleh sedikit penduduk.

Transmigrasi di Indonesia diatur dan didanai oleh pemerintah bagi warga yang umumnya golongan menengah ke bawah. Sesampainya di tempat transmigrasi, para transmigran diberikan sebidang tanah pekarangan atau tanah pertanian untuk penunjang hidup di lokasi tempat tinggal yang baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai transmigrasi di Indonesia, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (21/6).

Pengertian transmigrasi.

 pengertian dan jenis-jenis transmigrasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Sumit

Dilansir dari laman Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Katingan, transmigrasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia yang berupa mobilitas atau perpindahan. Biasanya transmigrasi dilakukan dari daerah yang memiliki penduduk lebih padat menuju ke daerah penduduknya jarang.

Daerah tujuan transmigrasi di Indonesia meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya. Secara umum, transmigrasi adalah program yang disponsori dan dibiayai secara keseluruhan oleh pihak pemerintah melalui Depnakertrans (Departemen tenaga Kerja dan Transmigrasi).

 

(brl/tin)