Brilio.net - Tradisi mudik sudah menjadi ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia. Migrasi temporer masyarakat dipengujung Ramadan ini seakan menjadi suatu “kewajiban” yang mesti dilakoni. Tak jarang masyarakat harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk bisa kembali ke kampung halaman. Tujuannya hanya satu, mencapai tanah kelahiran.

Tapi juga sudah menjadi pemandangan lazim setiap mudik, tidak sedikit para pemudik dihadapkan kepada persoalan macet dan harga tiket transportasi yang mahal. Tapi, boleh jadi untuk sejumlah pelanggan Telkomsel persoalan tarif transportasi yang mahal nggak menjadi persoalan. 

Sebab, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini memberikan berangkat mudik gratis untuk 7.000 pelanggan dengan menggunakan empat moda transportasi yaitu pesawat, bus, kapal laut dan kereta api airport railink.

Telkomsel Mudik © 2019 brilio.netSenior Vice President Customer Experience Hanang Setiohargo saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan mudik gratis Telkomsel menggunakan moda transportasi pesawat Udara di Tangerang (31/5).

Program bertajuk Mudik Bareng Telkomsel ini mengantarkan pemudik ke 18 kota tujuan. Dari Jakarta, sekitar 1.100 orang diberangkatkan menggunakan 25 bus dari Gelora Bung Karno menuju empat kota yakni Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang. Sedangkan 350 pelanggan diberangkatkan menggunakan pesawat pada 31 Mei 2019 melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang ke 15 kota tujuan, yakni Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak dan Makassar.

Loading...

Peserta mudik gratis yang beruntung ini adalah pelanggan yang telah melakukan penukaran Telkomsel POIN maupun mereka yang telah melakukan registrasi di aplikasi MyTelkomsel. Untuk peserta mudik pesawat sebelumnya telah melakukan penukaran 1.000 Telkomsel POIN untuk memperoleh tiket pesawat Garuda Indonesia dan 500 Telkomsel POIN untuk memperoleh tiket pesawat Citilink. Nggak cuma itu, selain tiket perjalanan mudik, mereka juga mendapatkan berbagai merchandise menarik dan saldo LinkAja.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini, program Mudik Bareng Telkomsel ini diselenggarakan sebagai apresiasi kepada masyarakat khususnya pelanggan setia Telkomsel. Selain itu program ini juga sebagai bentuk dukungan Telkomsel kepada pemerintah untuk menyukseskan program mudik tahun ini dengan aman, lancar, dan selamat sampai tujuan.

Telkomsel Mudik © 2019 brilio.net(Ki-Ka) Senior Vice President Customer Experience Hanang Setiohargo, Agus Mulyadi Vice President Sales and Marketing Area Jabotabek Jabar, Jason Tan Head of Postpaid Marketing dan Crispin Peter Tristram Head of Digital Lifestyle saat menyerahkan secara simbolis tiket gratis kepada pelanggan di Tangerang (31/5).

“Kami berharap para peserta mudik ini dapat menikmati pengalaman pulang kampung yang aman dan nyaman dalam perjalanan untuk merayakan hari kebahagiaan Idul Fitri bersama dengan sanak saudara dan keluarga di kampung halaman,” ungkap Emma, di sela-sela pemberangkatan mudik bus di area Gelora Bung Karno Jakarta.

Sedangkan di Sumatra, 5.000 pelanggan berkesempatan memperoleh tiket Railink Medan-Kualanamu secara gratis dengan menukarkan Telkomsel POIN. Selain itu, 144 pelanggan juga dapat mengikuti program mudik “From Lampung to Kampung” dengan bus dari Lampung menuju Yogyakarta dan Bandung secara gratis dengan menukarkan 200 Telkomsel POIN.

Nah bagi pelanggan di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Telkomsel menggelar “Fun Mudik Telkomsel” yang menyediakan 565 tiket mudik gratis menggunakan pesawat dan kapal laut. Untuk memperoleh tiket mudik gratis ini, pelanggan hanya perlu menukarkan 50 Telkomsel POIN untuk pesawat dan 200 Telkomsel POIN untuk kapal laut.

Telkomsel Mudik © 2019 brilio.net

Untuk mudik pesawat, 110 pelanggan di Kalimantan diberangkatkan dari Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak menuju Jakarta, Surabaya, Tarakan dan Makassar. Sebanyak 70 pemudik di Sulawesi berangkat dari Makassar menuju Jakarta dan Surabaya.

Sementara itu, 50 pelanggan di Papua dan Maluku diberangkatkan dari Jayapura, Sorong, Timika, dan Ambon menuju Makassar. Khusus mudik kapal laut yang memberangkatkan 335 pelanggan, rute yang dilayani adalah Parepare-Makassar Sorong-Makassar, Pangkalan Bun-Surabaya, Makassar-Surabaya, Kendari-Baubau, Ambon-Makassar, dan Sampit-Semarang.

Menjamin layanan pelanggan

Dalam upaya menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi sepanjang periode mudik Lebaran, Telkomsel telah menyiagakan jaringan berkualitas, terutama di 557 titik strategis atau POI (point of interest) di jalur mudik dan lokasi wisata utama. Di mana di titik strategis tersebut merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan 70 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga secara maksimal selama libur Lebaran, di antaranya 83 GraPARI Telkomsel Siaga dan 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.

Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi mudik, Telkomsel bekerjasama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menghadirkan saluran Mudik Hepi 2019 di aplikasi MAXstream yang dapat diakses sejak 27 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019, tanpa biaya tambahan.

Jadi pemudik bisa memantau keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV Korlantas yang terletak di berbagai titik keramaian termasuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, hingga Ketapang dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga berbagai video-video edukasi dan informasi terkini tentang arus mudik 2019, serta akses call center NTMC Polri yang dapat dihubungi selama 24 jam dari aplikasi MAXstream.

Untuk memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel, pelanggan dan masyarakat juga dapat menghubungi Call Center 188 atau mengakses kanal digital Telkomsel, mulai dari website telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), e-mail cs@telkomsel.co.id, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.