Cara yang dilakukan warganet satu ini terbilang mudah ditiru. Selain praktis, bahan-bahan yang dibutuhkan pun pastinya ada di dapur. Dilansir brilio.net dari YouTube Qinaz Channel pada Kamis (16/11), bahan yang dibutuhkan hanya sabun pencuci piring dan cuka.

cara ampuh usir cicak di rumah © YouTube

cara ampuh usir cicak di rumah
YouTube/Qinaz Channel

Sabun cuci piring memiliki kandungan bahan aktif yang dapat membersihkan noda dan kotoran pada permukaan. Cuka adalah cairan asam yang terbuat dari fermentasi alkohol, yang memiliki kandungan asam asetat. Kedua bahan ini memiliki bau yang menyengat dan tidak disukai oleh cicak.

Caranya, siapkan sabun pencuci piring, cuka, dan semprotan. Takaran yang digunakan bisa diatur sesuai kebutuhan. Tuangkan dua bahan tersebut ke dalam botol semprot. Tutup rapat dan kocok botol semprot agar larutan tercampur sempurna.

cara ampuh usir cicak di rumah © YouTube

cara ampuh usir cicak di rumah
YouTube/Qinaz Channel

Semprotkan larutan ke seluruh sudut ruangan yang sering dihinggapi cicak, seperti dinding, langit-langit, lemari, jendela, dan lain-lain. Ulangi semprotan setiap beberapa hari sekali agar cicak tidak kembali lagi.

cara ampuh usir cicak di rumah © YouTube

cara ampuh usir cicak di rumah
YouTube/Qinaz Channel

Larutan ini tidak hanya efektif untuk mengusir cicak, tetapi juga bisa membersihkan permukaan dari kotoran dan bakteri. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan larutan ini, karena bisa merusak cat atau lapisan permukaan jika digunakan terlalu sering atau terlalu banyak.

Selain itu, kamu juga harus menjauhkan larutan ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, karena bisa menyebabkan iritasi atau keracunan jika tertelan.

Gimana, ternyata praktis kan cara mengusir cicak? Buat kamu yang sering kesal karena banyak cicak di rumah, langsung saja praktikkan cara satu ini. Selamat mencoba!