Langkah pertama, keluarkan kapuk atau busa di dalam bantal dengan cara merobek di pinggir jaitan bantal menggunakan silet supaya rapi. Lalu keluarkan semua kapuk atau busa bantal, kemudian bisa dijemur.

cuci bantal dekil © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Siapkan bak besar atau ember untuk merendam kain bantal. Masukkan soda ash sebanyak setengah sendok makan, serta baking soda atau soda kue sebanyak satu sendok makan. Lalu masukkan pemutih sebanyak 50 mili liter.

Masukkan air panas ke dalam ember tersebut, lalu aduk sebentar. Celupkan kain bantal ke dalam ember yang berisi soda ash, soda kue, dan pemutih tadi. Pastikan semua permukaan kain terkena air. Tidak perlu disikat, cukup diamkan sampai airnya dingin atau bisa ditinggal seharian.

cuci bantal dekil © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Dengan memisahkan antara kapuk dan kain bantal sebelum dicuci, proses pengeringan jadi lebih cepat dan menghindari risiko bau apek, apalagi di musim hujan. Jika kain sudah direndam sampai air tersebut dingin, tinggal bilas menggunakan pemutih, lalu dinetralkan dengan oxalic acid, baru kemudian air, dan selanjutnya bisa dijemur.

Masukkan kapuk ke dalam kain bantal jika sudah kering, lalu jait kembali bagian yang disobek menggunakan pisau atau silet. Bantal putih bersih, kinclong seperti baru, dan tentunya nggak apek.

cuci bantal dekil © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Video yang diunggah pada Januari dengan view lebih dari 44 ribu ini mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang ikut terbantu dengan tutorial bersihkan bantal dekil ini.

"Wah berguna sekali ilmunya untuk ibu rumah tangga macem saya, terima kasih ," kata @paulinaangelita.

"Sangat bermanfaat sekali mas.. terima kasih sdh mau berbagi informasi ," ujar @jasminesereh2035.

"Makasih banyak bang ilmunya. Kemarin baru aja cuci bantal disikat dgn pemutih, tp malah lebih cape dan baunya ngga tahan. Dan noda belum bersih. Lanjut mau coba yg ini aja, lebih simple, bahan2 Alhamdulillaah udah pada ada," ungkap @salmaistighfarin1.

"mantep mas, gak kepikiran dibongkar dulu begitu ," timpal @nabillaandara918.