Brilio.net - Salah satu tantangan dalam merenovasi rumah adalah membuat desain yang keren, nyaman, sekaligus realistis untuk diwujudkan. Kalau rumah kamu dibangun di atas tanah yang luas, mungkin kamu bisa bermain-main dengan desain sesuai ide yang ada di kepala. Tapi lain cerita kalau dibangun di luas tanah yang sempit.

Dalam era urbanisasi yang pesat dan lahan yang semakin terbatas, desain rumah memanjang ke belakang menjadi solusi efektif untuk mengoptimalkan penggunaan lahan sempit. Pendekatan ini mampu mengatasi keterbatasan lahan tanah dengan memanfaatkan ruang secara maksimal, sehingga menjadikan hunian yang nyaman dan fungsional.

Hal itulah yang dicoba oleh pasangan suami istri berikut ini. Memiliki rumah yang butuh perbaikan, pasangan suami istri ini pun memutuskan untuk merenovasi rumahnya tanpa bantuan arsitek. Keputusan ini dibuat demi menghembat biaya renovasi.

desain rumah memanjang © TikTok

foto: TikTok/@nitanit111

"Kalo ga renov rumah aku ga bakal tau rasanya sama kayak bikin rumah baru," tulisnya pada keterangan video, dikutip brilio.net dari akun TikTok @nitanit111, Selasa (4/7).