Brilio.net - Umat muslim di seluruh dunia kembali menjalani Ramadhan. Bulan penuh kemuliaan ini sangat dinanti-nanti umat muslim.

Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang hanya bisa dijumpai pada saat bulan Ramadhan tiba. Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan yaitu adanya malam lailatul qadar.

Lailatul qadar adalah malam yang berisi kebaikan yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut Allah menurunkan ayat-ayat pertama Alquran kepada nabi umat Islam, Muhammad SAW.

Seperti firman Allah SWT pada surah Al-Qadr ayat 3:

Tanda Lailatul Qadar © merdeka.com

Loading...

foto: merdeka.com

Lailatul qadri khairum min alfii shahr

Artinya:

"Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan."

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar biasanya jatuh pada malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Namun, tidak menutup kemungkinan malam lailatul qadar datang di malam-malam genap bulan Ramadhan.

Para ulama juga berpendapat, tujuan dari perahasiaan kedatangan malam ini adalah agar umat Islam selalu beribadah dan meningkatkan amal saleh sembari berharap bertemu lailatul qadar. Pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan, seorang muslim berkesempatan mendapatkan banyak keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan.

Lalu apa saja tanda-tanda lailatul qadar dan bagaimana doa dan dzikir yang dapat dipanjatkan? Berikut brilio.net telah merangkum bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar lengkap beserta artinya dari merdeka.com pada Selasa (13/4).

Tanda Lailatul Qadar.

Pada bulan Ramadhan tahun 610 M, Nabi Muhammad bermeditasi di gua Hira dan dikunjungi malaikat Jibril. Saat itu Jibril mengeluarkan perintah dan berkata, 'Iqraa' yang berarti 'Baca!', Nabi Muhammad (SAW) buta huruf dan menjawab bahwa dirinya tidak dapat membaca.

Jibril dua kali mengulangi perintah itu dan Nabi (SAW) merespons dengan jawaban yang sama. Kemudian, Jibril mengungkapkan ayat-ayat pertama Alquran kepada Nabi (SAW):

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Quran, 96: 1-5)

Malam itulah yang menandai turunnya Alquran sebagai wahyu-wahyu terakhir dari Allah SWT.

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar.

Diriwayatkan dari 'Aisyah bahwa dia pernah bertanya kepada Nabi Muhammad (SAW) apa yang harus dia katakan dalam permohonan jika dia bertemu malam lailatur qadar. Dan dia menjawab untuk mengatakan yang berikut ini:

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni'

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku."

Dilansir dari laman NU Online, Imam As-Syafi'i berpendapat, amalan ini sebaiknya tidak hanya dilakukan pada malam hari, tapi juga diperbanyak siang hari. Pasalnya, ia sendiri sangat menyukai melakukan amalan ini di siang hari, sebagaimana kesungguhannya di malam hari.

Bacaan Dzikir Malam Lailatul Qadar.

Melafalkan dzikir setiap hari selama bulan Ramadhan memang dianjurkan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Dzikir yang dapat dilakukan pada malam lailatul qadar di antaranya istighfar, tahlil, tasbih, tahmid, dan takbil.

Salam Al-Farisi telah meriwayatkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW berkata:

"Wahai manusia! Ketika bulan agung, bulan berkah (Ramadhan) datang kepadamu, lakukan banyak dari empat tindakan ini di dalamnya. Dua tindakan yang dengannya kamu akan menyenangkan Tuhanmu dan dua tindakan yang tidak dapat kamu lakukan tanpanya. Adapun dua yang tolong Tuhanmu, mereka adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan mencari pengampunan-Nya. Adapun dua tindakan yang tidak dapat Anda lakukan tanpanya, Anda harus mencari surga dari Tuhan Anda dan mencari perlindungan dari api neraka."

Berdasarkan hadits di atas, ini lafaz dzikir yang dapat dilakukan berulang kali selama bulan Ramadhan:

Asyhadu alla ilaha illallah, Astaghfirullah, as alukal jannata wa a’udzubika minan naar, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni (x3)

Artinya:

"Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah selain Allah, aku mohon ampun kepada Allah, sesungguhnya aku memohon surga kepadaMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka, Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku."

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul'afwa fa' fu' annaa (x3)

Artinya:

"Ya Allah, Engkau Pengampun dan pengampun kasih, jadi maafkan aku."

Bacaan doa dan dzikir malam Lailatul Qadar ini dapat dijadikan pedoman untuk memanjatkan ampunan dan mendapatkan malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.