Brilio.net - Momentum bulan Ramadhan kini telah mencapai sepertiga akhir. Di sepuluh hari terakhir bulan suci ini, umat Islam biasanya akan memanfaatkannya dengan memperbanyak amalan untuk menyambut Lailatul Qadar, salah satunya ialah dengan membaca Alquran.

Hal tersebut pun rupanya turut dilakukan oleh keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca. Lewat akun Instagram pribadinya, Zaskia Adya Mecca pun menceritakan anak-anaknya yang begitu antusias dalam menyambut malam penuh kemuliaan yang lebih baik dari 1.000 bulan itu.

"Padahal hanya tadi pas sahur, aku dan mas @hanungbramantyo menjelaskan bahwa kita sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan, sekarang saatnya kita semangat beribadah maksimal nak..." tulis Zaskia Adya Mecca, seperti dikutip brilio.net pada Jumat (15/5).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca) on

Sebelumnya, Zaskia mengaku jika anak-anaknya belum memahami apa itu Lailatul Qadar. Untuk itu, ia pun menerangkannya kepada sang anak dengan penjelasan yang sederhana agar mudah dipahami. Zaskia mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar adalah 'harta karun'. Karenanya, ia pun harus dicari.

Loading...

"'Allah ngasih kita harta karun! Malam Lailatur Qadr yang harus kita cari di 10hari terakhir! Kita akan tau kapan kita dapetnya di akhirat nanti.. skr yang penting kita uber aja!!'. 'Kalo kita dapet malamnya kenapa emang bi?' Tanya mereka penasaran . 'Malam itu lebih baik dari 1000bulan! Umur Rasulullah 63tahun, 1000bulan itu seperti 83tahun baiknya'. 'Wahh,bisa lebih dari umur kita baiknya?!'. 'Iya sayang.. makanya rugi kan ga kita cari di 10hari terakhir Ramadhan ini'," cerita Zaskia tentang percakapannya dengan kedua anaknya.

Menariknya, yang tak disangka Zaskia, usai mengetahui keutamaan malam Lailatul Qadar, Sybil dan Kala tiba-tiba kompak mengaji tanpa disuruh. Kegiatan membaca Alquran itu mereka lakukan setelah salat subuh.

Tak pelak, aksi kedua bocah tersebut tentu membuat Zaskia terharu. Ia merasa bersyukur atas berkah yang dianugerahkan pada keluarganya di bulan Ramadan ini.

"Lalu mereka lanjut makan sahur sambil bercanda.. Tapi selepas subuh biasanya langsung kabur ke kamar, mendadak dua-duanya ambil Al-Qur'an dan mengaji tanpa kita suruh. Aku yang masih duduk setelah salat sambil menikmati suasana subuh, ngeliatin mereka sambil terharu... dan gak berani banyak tanya atau komentar... cuma berkali-kali mengucap syukur di dalam hati sambil menahan haru... makasih ya Allah atas kesadaran yang Engkau timbulkan, juga menggerakkan hati mereka," pungkas istri Hanung Bramantyo ini.