Brilio.net - Sudah 20 hari puasa di bulan Ramadhan 2020 dilalui. Nggak terasa tinggal 10 hari terakhir kita akan menikmati bulan penuh berkah ini. Bulan Ramadhan tentu akan kita rindukan kehadirannya. Dengan segala suasana dan kemeriahannya membuat Ramadhan menjadi momen yang nggak terlupakan. Apalagi bulan penuh nikmat ini juga memberikan banyak keberkahan. Mulai dari hari pertamanya hingga akhir selalu ada keistimewaan yang bisa kita raih.

Dengan hari-hari terakhir bulan Ramadhan ini, tentu jadi waktu penting untuk semakin giat melaksanakan ibadah. Apalagi 10 hari terakhir di bulan Ramadhan juga menjadi waktu emas dalam menggali pahala. 10 hari spesial ini memiliki keutamaan yang nggak boleh kamu lewatkan. Dalam hari-hari terakhir Ramadhan ini menjadi kesempatan diampuninya dosa-dosa. Ini menjadi peluang baik untuk kita dalam memohon ampun dengan bersungguh-sungguh.

Tingkatkan juga ibadah dan perbuatan baik selagi masih memiliki kesempatan untuk itu. Sebab keutamaan lain dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga karena adanya malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT akan dikabulkan permintaannya. Tentunya dengan bersungguh-sungguh.

Sebagian besar ulama mengatakan malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada malam ganjil dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan malam Lailatul Qadar datang di malam-malam genap. Nah untuk meraih Lailatul Qadar kamu bisa melakukan beberapa amalan dalam 10 hari terakhir ini. Seperti apa saja sih? Ini dia ulasan brilio.net pada Kamis (14/5) dari berbagai sumber.

1. Mendirikan sholat malam.

Amalan lailatul qadar  © 2020 brilio.net

Loading...

foto: frepik.com

Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam mulia. Malam ini memiliki kebaikan lebih dari 1000 bulan. Untuk mendapatkan keistimewaan ini tentu kamu harus berusaha lebih giat dalam beribadah. Salah satunya kamu bisa lakukan dengan mendirikan sholat malam. Setelah melaksanakan sholat tarawih dan tadarusan, kamu bisa tidur terlebih dahulu. Lalu saat tengah malam atau menjelang sahur, kamu bangun untuk menunaikan sholat malam. Fokuskan ibadah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

2. Membaca Alquran.

Amalan lailatul qadar  © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Membaca Alquran juga bisa jadi amalan lain yang semakin kamu kencangkan untuk meraih Lailatul Qadar. Membaca Alquran sebaiknya nggak cuma dilaksanakan ketika bulan Ramadhan. Sebab ada banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan dengan mengamalkan ibadah ini. Keuntungan membaca Alquran disebutkan dalam surat Fatir ayat 29-30.

"Innallaziina yatluna kitaaballaahi wa aqaamus-aalaata wa anfaqu mimmaa razaqnaahum sirraw wa 'alaaniyatay yarjuna tijaaratal lan tabur"

Artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi."

Apalagi ketika kamu membaca Alquran pada malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadhan, akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

3. Memperbanyak doa.

Amalan lailatul qadar  © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Berdoa sudah seharusnya dilakukan umat manusia sepanjang waktu. Doa menjadi komunikasi antara hamba dan juga Tuhannya. Allah SWT sudah memberikan kemudahan bagi hambaNya dalam memohon permintaan. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan untuk meminta harapanmu melalui berdoa.

Berdoa pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan bisa jadi salah satu amalan untuk mendapatkan keberkahan Lailatul Qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

4. Menjalankan Iktikaf.

Amalan lailatul qadar  © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Iktikaf adalah berhenti atau berdiam di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu. Beberapa syarat untuk sahnya iktikaf antara lain, beragama islam, sudah baligh, dilaksanakan di masjid (baik masjid jami’ maupun masjid biasa), dan memiliki niat iktikaf.

Iktikaf dilakukan dengan niat semata-mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf merupakan momen untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah. Berdiam diri dalam iktikaf bukan berarti kamu hanya diam saja. Kamu bisa melakukan sholat sunah, berdzikir dan ibadah lain untuk mendekat pada Sang Khalik.

5. Memperbanyak taubat.

Amalan lailatul qadar  © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga jadi kesempatan yang baik dalam memperbaiki diri. Mohonlah ampunan kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh. Perbanyak bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain bisa berkesempatan untuk mendapat ampunan dari Allah, kamu juga membuka peluang untuk meraih keberkahan Lailatul Qadar.