Brilio.net - Sholat menjadi salah satu rukun islam umat muslim. Sholat juga menjadi amalan pertama yang dihisab di hari akhir.

Maka dari itu sudah semestinya ibadah ini dijalankan dengan sungguh-sungguh. Jadikanlah ibadah ini sebagai kebutuhan dalam kehidupanmu. Tanpa sholat, tentu jiwa akan menjadi kosong.

Menjalankan sholat lima waktu pasti kamu sudah mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaanya. Usahakan untuk melaksanakan sholat tepat waktu, dengan begitu bisa menjadi salah satu wujud ketaatan kepada Allah. Sholat tepat waktu juga menjadi nilai penting yang tertuang dalam sebuah hadits.

Dari Ummu Farwah, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, "Sholat di awal waktunya." (HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Keutamaan mengerjakan sholat tepat waktu juga tertuang dalam QS. An-Nissaa ayat 103. "Sesungguhnya sholat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman." (QS. An Nisaa': 103)

Selain menunaikan sholat wajib lima waktu dengan tepat, lengkapi juga ibadahmu dengan ibadah sunah. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah sholat fajar.

Sholat ini berbeda lho dengan sholat subuh. Yuk pahami bagaimana ketentutan dari sholat fajar. Berikut ulasan brilio.net pada Jumat (1/5) dari berbagai sumber.

Keutamaan dan waktu mustajab sholat fajar.

Sholat Fajar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sholat fajar adalah sholat sunah yang memiliki keutamaan yang begitu besar. Meski hanya dua rakaat, namun ibadah sholat fajar disebutkan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Hal ini disebutkan dalam sebuah riwayat shahih, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Dua rakaat sholat fajar lebih baik dari dunia seisinya."

Sholat sunah ini memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya dengan sholat sunah qabla subuh karena dikerjakan sebelum subuh, ada pula yang menamainya sholat sunah barad dengan alasan sholat dikerjakan saat dinginnya pagi.

Niat sholat fajar.

Sholat Fajar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Niat menjadi landasan dasar dalam menjalankan berbagai aktivitas, begitu juga dengan sholat. Niat sholat qobliyah subuh bisa dilafalkan sebelum melaksanakan sholat.

Berikut bacaan niat yang bisa kamu lafalkan:

"Ushalli sunnatash-shubhi rak'ataini qabliyyatal lillahi ta'ala."

Artinya:

"Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala."

Atau bisa juga dengan niat sebagai berikut.

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Artinya:

"Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Tata cara sholat fajar.

Sholat Fajar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Syeikh An Nawawi Al Bantani dalam Nihayatuz Zain membolehkan niat sholat sunah ini menggunakan istilah apa saja. Yang perlu diperhatikan, sholat ini jangan sampai dikerjakan berlama-lama karena hukumnya sunah.

Rasulullah SAW juga melaksanakan sholat sunah ini dengan singkat. Ketika sholat, Rasulullah terbiasa membaca Surat Al Kafirun usai Surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan Surat Ikhlas usai Al Fatihah pada rakaat kedua.

Sunah ini diriwayatkan hadist riwayat Muslim 726. "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas."

Selain itu, kamu bisa juga membaca Surat Al Insyirah pada rakaat pertama usai Al Fatihah. Sedangkan pada rakaat kedua membaca Surat Al Fiil. Kebiasaan ini juga dilakukan Rasulullah SAW.

Kemudian, Syeikh An Nawawi juga menganjurkan membaca bacaan dzikir khusus usai sholat fajar dan menunggu subuh. Yaitu:

- Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)

- Al Ikhlas (11 kali)

- Al Falaq (1 kali)

- An Nas (1 kali)

- Ditutup dengan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)

Manfaat sholat fajar.

Sholat Fajar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat dari sholat fajar tidak selalu dalam hal yang langsung terlihat. Mungkin tanpa kamu sadari, ada kebaikan yang sudah kamu nikmati dalam jiwa. Ketenangan, kemudahan, dan kelancaran juga menjadi beberapa manfaat dari mendirikan sholat.

Dan berikut manfaat lain dari melaksanakan sholat fajar:

a. Mendapatkan pahala yang berlimpah.

b. Kebaikan yang lebih baik dari dunia dan seisinya.

c. Mendapat perlindungan Allah SWT.

d. Memperoleh keberkahan.

e. Haram disentuh api neraka.

f. Menjadi sumber cahaya di hari kiamat.

g. Dibangunkan hunian di surga.

h. Mendapat keutamaan di akhirat.

(brl/pep)