Brilio.net - Osteoporosis merupakan salah satu masalah pada sistem rangka manusia, kondisi ini benar-benar ingin dihindari oleh siapapun. Kondisi ini terkadang tidak memiliki gejala apapun, orang mengetahuinya ketika mereka mengalami cedera seperti patah tulang. Tidak hanya pada orang tua saja, di usia muda orang bisa mengalami osteoporosis.

Seiring berkurangnya kepadatan tulang, maka kondisi tubuh akan melemah. Penderita osteoporosis akan mengalami gejala seperti, mudah mengalami patah tulang meski hanya terbentur ringan, kerap mengalami nyeri punggung, postur badan tidak tegap alias membungkuk, dan tinggi badan menyusut.

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang menurun kepadatannya. Kepadatan tulang dapat menurun jika tubuh tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukungnya. Seperti kalsium, seharusnya terserap dengan baik ke tulang, jika kandungan vitamin D dalam tubuh mencukupi.

Setiap orang dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang mereka. Mulailah dengan menerapkan pola makan sehat, diiringi dengan melakukan kegiatan fisik atau olahraga secara teratur.

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium, sebab kedua zat tersebut merupakan nutrisi penting untuk tulang. Selain itu, mulailah untuk meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi minuman keras.

Loading...

Bagi kamu yang telah didiagnosis menderita osteoporosis, sebaiknya kamu lebih menjaga diri agar tidak mengalami cedera ataupun keretakan tulang. Sementara itu, penderita osteoporosis usia lanjut disarankan untuk menjalani pemeriksaan penglihatan dan pendengaran secara rutin.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi osteoporosis, yakni dengan mengandalkan tanaman obat ekor kuda. Tanaman ini dapat membantu pengobatan osteoporosis karena mengandung silika dan senyawa lain seperti alkaloid, pitosterol, tanin, triterpenoid dan fenolik.

Tanaman obat osteoporosis Instagram

foto: Instagram/@malltanaman

Dikutip brilio.net dari verywellhealth, Rabu (17/3), mengonsumsi tanaman ekor kuda akan membantu penyerapan kalsium dan pembentuk kolagen yang lebih baik, sehingga mencegah tulang keropos.

Tak hanya itu saja, black cohosh juga bisa membantu mengobati osteoporosis. Ramuan yang mengandung fitoestrogen yang dapat membantu mencegah tulang keropos. Black cohosh efektif dalam pencegahan kehilangan tulang pasca menopause yang terkait dengan osteoporosis.

Tanaman obat osteoporosis Instagram

foto: Instagram/@mbmcfarland

Jenis tanaman di atas merupakan yang cukup mudah ditanam dan perawatannya. Sebelum memulai proses penanaman maka terlebih dahulu harus memilih bibit unggulan, yang terlihat subur dan sehat serta batangnya berwarna hijau dan terlihat segar. Kemudian kamu siapkan media tanamnya, berupa pot dan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos.

Masukan media tanam tersebut ke dalam polibag atau pot yang telah dilengkapi dengan lubang-lubang kecil sebelumnya. Standarkan ukuran wadah dengan tanaman. Kemudian lakukan pemberian suplai air berkelanjutan agar tanaman tetap subur dan berkembang dengan baik.