Brilio.net - Kamu masih sering berjemur di pagi hari selama pandemi minimal 15 menit? Ya, dengan terkena sinar matahari pagi, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D. Oh iya, vitamin D juga sering disebut sebagai vitamin larut lemak karena bisa dihasilkan tubuh secara alami saat terkena sinar matahari.  

Nah selain berjemur, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti kuning telur, udang, susu, sereal, ikan salmon, jus jeruk, dan sarden. Banyak manfaat vitamin D untuk kesehatan, di antaranya untuk membantu menunjang berbagai bagian dan organ tubuh agar bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

Sebaliknya, gangguan kesehatan bisa dialami seseorang jika tubuhnya kekurangan vitamin D. Setidaknya, ada tujuh penyakit yang bisa timbul jika tubuh kekurangan vitamin D. Berikut ulasannya.

1. Diabetes 

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netdiabetes.co.uk

Jika dipikirkan secara sederhana, mungkin agak sulit membayangkan hubungan kadar gula dalam tubuh dengan vitamin D. Tetapi, ada penelitian di tahun 2012 yang menemukan korelasinya. Penelitian itu mengungkapkan bahwa seorang anak yang obesitas memiliki kandungan vitamin D dalam tubuh dengan jumlah yang rendah. Akibatnya anak tersebut berpotensi menderita diabetes tipe 2 ketika dewasa.

Sementara orang dewasa yang kekurangan vitamin D juga rentan mengalami diabetes tipe 2. Kemungkinannya naik 57 persen dibanding orang dengan kadar vitamin D cukup dalam tubuhnya.

2. Kanker 

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netaddictioncenter.com

Kanker juga bisa menjadi penyakit kekurangan vitamin D yang muncul di kemudian hari. Memang, salah satu manfaat dari vitamin D adalah menurunkan risiko penyakit kanker, yaitu dengan menguatkan sistem imun dan bekerja melawan sel kanker.

Penelitian juga menemukan jika seseorang memiliki kandungan vitamin D tinggi dalam darahnya, risiko baginya untuk menderita kanker usus itu cukup rendah. Bahkan 40 persen lebih rendah dari orang-orang yang kekurangan vitamin D.

Tidak hanya kanker usus, kekurangan vitamin D juga meningkatkan potensi seseorang menderita kanker jenis lainnya. Baik itu kanker prostat, kanker payudara, maupun kanker usus besar.

3. Osteoporosis

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netmedanta.org

Penyakit kekurangan vitamin D lainnya adalah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi tulang yang menurun kepadatannya. Kepadatan tulang dapat menurun jika tubuh tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukungnya. Seperti kalsium, seharusnya terserap dengan baik ke tulang, jika kandungan vitamin D dalam tubuh mencukupi.

4. Multiple sclerosis

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netbestmedicinenews.org

Multiple sclerosis merupakan salah satu penyakit kekurangan vitamin D yang terjadi pada tulang. Selain osteoporosis, tulang juga bisa mengalami penyakit ini karena penyebab yang sama, yaitu vitamin D yang rendah kadarnya dalam tubuh sehingga menyebabkan kalsium tidak dapat terserap secara optimal.

Multiple sclerosis bukan penyakit tulang yang bisa diremehkan. Beberapa penelitian menyebut penyakit ini mulanya menimbulkan peradangan. Tetapi, peradangan tersebut terjadi di organ penting tubuh, yaitu sumsum tulang belakang dan juga otak.

5. Rheumatoid arthritis

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.nettimesofindia.indiatimes.com

Penyakit kekurangan vitamin D lain yang dapat dialami tubuh adalah gangguan pada sendi, yaitu radang sendi atau rheumatoid arthritis. Radang sendi akan terasa sangat menyiksa apalagi jika kamu berusaha banyak melakukan gerakan. Bahayanya pun bisa dibilang tidak main-main.

Ada penelitian tahun 2012 yang menemukan bahwa bayi dapat mendadak meninggal karena penyakit ini. Bahkan, 75 persen di antaranya mengalami kekurangan vitamin D.

6. Demensia

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netcaringseniorservice.com

Demensia adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada otak. Berkaitan dengan cara seseorang berinteraksi dan berpikir. Penyakit ini bisa terjadi karena kekurangan vitamin D. Ada studi yang menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D, 53 persen lebih rentan terhadap demensia, daripada orang-orang yang memiliki kadar vitamin D cukup dalam tubuhnya. Bentuk paling umum dari demensia adalah alzheimer. Studi ini juga menunjukan 70 persen penderita alzheimer mengalami kekurangan vitamin D.

7. Gagal jantung

7 Penyakit akibat kekurangan vitamin D © 2021 brilio.netgeriatricnursing.org

Vitamin D sering dikaitkan pada tulang, padahal juga berpengaruh pada organ penting lain dalam tubuh. Ada penyakit kekurangan vitamin D yang dapat mengancam nyawa seseorang. Penyakit tersebut adalah gagal jantung.

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa pasien gagal jantung akan tetap dalam kondisi yang sehat jika kadar vitamin D dalam tubuh setidaknya di atas 15 nanogram per milimeter. Maka, akan menjadi masalah jika orang yang gagal jantung, kemudian kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa penyakit akibat kekurangan vitamin D. Maka dari itu, penuhi kebutuhan vitamin D kamu setiap hari dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin D atau mengonsumsi suplemen penambah vitamin D, seperti D3-400 Tablet dan D3-1000 Tablet dari Pyfa Health.

(brl/red)

(brl/red)

(brl/red)