Brilio.net - Infeksi ginjal merupakan infeksi saluran kemih (ISK) yang paling serius karena memiliki potensi paling besar untuk merusak ginjal dan menyebar ke area tubuh lain. ISK lain dapat memengaruhi kandung kemih, ureter, atau uretra, oleh karenanya infeksi ginjal tidak bisa diremehkan begitu saja. Perlu adanya penanganan khusu agar tidak memperburuk kesehatan fisik seseorang.

Seperti yang diketahui, ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling vital karena memiliki peran penting untuk menyaring produk limbah dan membuat toksin dari darah, memproduksi urin dan mempertahankan tingkat cairan di dalam tubuh. Fungsinya yang begitu besar, maka ginjal harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Dilansir dari healthline.com, pengobatan secara alami memang bisa dilakukan sendir. Namun, perlu diketahui jika kamu mengalami infeksi ginjal, ada baiknya untuk konsultasi dokter terlebih dahulu agar diberikan beberapa obat antibiotik untuk mengobatinya. Setelah mendapat saran dokter, baru kamu bisa menggunakan pengobatan rumahan untuk mendukung pemulihan lebih lanjut dan mengurangi kemungkinan infeksi ginjal kembali.

Ada beberapa tanaman obat yang bisa mengatasi infeksi ginjal, apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (6/3).

-1. Jahe.

Tanaman obat infeksi ginjal freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Jahe memang dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa mengurangi infeksi ginjal. Hal ini dikarenakan jahe bersifat antibakteri. Cara mengonsumsinya, kamu cukup meminum secangkir wedang jahe setiap harinya.

-2. Kunyit.

Tanaman obat infeksi ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya untuk cantikan saja, kunyit juga bisa mengatasi beberapa jenis penyakit salah satunya infeksi ginjal. Dilansir dari healthline.com jahe bahkan bisa mengobati dengan sangat cepat.

-3. Bawang putih.

Tanaman obat infeksi ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih dianggap salah satu tanaman yang bisa mengatasi infeksi ginjal paling murah dan bekerja dengan baik. Bawang putih bekerja membersihkan ginjal dengan membuat limbah di dalam urin. Jika tidak suka memakannya langsung, kamu bisa menambahkan bawang putih dalam jumlah lebih ke dalam masakan sehari-hari.

-Sayuran untuk menjaga kesehatan ginjal secara alami

1. Bayam

Bayam terbilang sayuran yang mudah dijumpai, baik di pasar maupun supermarket. Nggak heran kalau bayam menjadi salah satu sayuran favorit bagi berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, pengolahan sayur bayam termasuk gampang.

Bayam memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi produksi jaringan epitel. Jaringan tersebut merupakan lapisan tabung filtrasi kecil yang terdapat dalam ginjal maupun saluran kemih. Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi dari jaringan epitel di ginjal adalah untuk sekresi penyerapan selektif, perlindungan, transportasi transporular, dan penginderaan. Rajin mengonsumsi bayam akan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

2. Kembang kol

Selain bayam, kembang kol juga mudah dalam pengolahan. Dalam kembang kol terdapat kandungan vitamin C, folat, dan serat. Nggak cuma itu, kembang kol juga mengandung senyawa penting bagi hati. Kembang kol bisa menetralkan zat beracun di tubuh.

Jika seseorang sedang dalam kondisi kritis karena penyakit ginjal, kembang kol dapat bekerja dengan baik untuk melakukan penyembuhan. Hal tersebut disebabkan arena kembang kol memiliki kadar potasium yang rendah.

3. Paprika merah

Mungkin tak semua orang menyukai sayuran paprika merah. Namun tahukah kamu bahwa paprika merah mengandung licopene, vitamin A, C, B6, asam folat serta serat dalam buahnya. Cara pengolahan paprika merah terbilang mudah. Paprika merah bisa dipadukan dengan makanan lain seperti tuna dan sayur lainnya. Selain memiliki cita rasa nikmat, paprika merah juga baik bagi ginjal.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat antioksidan. Bawang putih akan bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan serta mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan berbagai cara, seperti mencampurkan bawang putih dalam beberapa makanan sehat.

5. Lobak

Lobak juga bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang dapat memberikan pengaruh baik untuk kesehatan ginjal. Lobak tinggi akan nutrisi, hal ini sangat membantu untuk membersihkan racun yang terkumpul dalam ginjal. Bukan cuma itu, lobak juga bisa menghambat infeksi pada ginjal.

6. Asparagus

Asparagus dikenal sebagai sayuran yang memberikan efek pembersih pada ginjal. Dengan mengonsumsi asparagus, seseorang dapat terhindar dari batu ginjal. Asparagus juga merupakan sumber dari serat, vitamin A, C, E dan vitamin K. Deretan vitamin tersebut sangat berfungsi untuk meningkatkan kinerja di ginjal.

7. Buncis

Buncis memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya buncis memiliki kadar serat yang tinggi dan rendah kalori. Kedua manfaat yang ada pada buncis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Seperti diketahui, kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.

8. Wortel

Wortel mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mengontrol diabetes. yang menjadi penyebab utama terjangkitnya penyakit ginjal. Jika kamu memiliki masalah dengan ginjal, sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel. Rajinlah untuk mengonsumsi wortel agar ginjal dapat berfungsi dengan baik.

9. Kacang polong dan kacang hijau

Kedua jenis sayuran ini sangat rendah potasium dan menjadi sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Serat yang terkandung dalam kacang polong dan kacang hijau bisa menjaga kadar gula darah. Selain itu, kacang-kacangan ini bisa membantu mencegah berat badan berlebihan serta diabetes.

10. Kale

Menurut National Kidney Foundation, kale memiliki kandungan seperti vitamin A, C, kalsium, dan mineral yang penting bagi fungsi ginjal. Kale sangat rendah kalium sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.