Brilio.net - Biasanya ketika seseorang tak ingin ketergantungan dengan obat dokter mereka akan beralih menggunakan obat herbal dari bahan alami. Obat herbal sendiri mudah ditemukan di sekitar kita. Jenis tumbuhannya pun beragam, ada yang dimanfaatkan seluruh bagiannya, ada pula yang hanya dimanfaatkan buahnya, batangnya, bunganya, akarnya dan juga daunnya saja. Di antara beberapa tanaman, daun merupakan bagian yang paling banyak dipakai.

Manfaat dari satu jenis tanaman obat saja sudah dapat memiliki khasiat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai macam penyakit. Umumnya daun yang dijadikan obat, terlebih dahulu diolah menjadi ramuan teh yang kemudian dikonsumsi sehari-hari untuk kesehatan.

Tak heran beberapa tanaman obat daun telah dibudidayakan menjadi tanaman obat keluarga. Sejumlah tanaman obat tersebut juga diyakini mampu menghilangkan sejumlah penyakit tanpa meninggalkan efek samping.

Penasaran kira-kira tanaman obat daun apa saja yang bisa kamu manfaatkan? Berikut 8 tanaman obat daun dan khasiatnya untuk kesehatan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/2).

1. Daun katuk.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@yens.garden

Tanaman obat daun yang pertama ada katuk atau yang memiliki latin Sauropus androgynus. Katuk merupakan tumbuhan yang cukup populer untuk ibu hamil dan menyusui. Pasalnya tumbuhan yang ini dipercaya efektif untuk memperlancar dan memproduksi ASI.

Dilansir dari Organic Motion, daun katuk mengandung lebih dari 34-39 protein, magnesium, kalsium, kalium hingga zat besi. Beberapa kandungan tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kalsium yang terkandung pada daun katuk cukup baik bagi tubuh. Daun katuk cocok untuk dikonsumsi oleh wanita atau pria untuk mencegah osteoporosis. Selain itu daun katuk juga mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza.

Kandungan zat besi cukup tinggi untuk mengatasi gejala penyakit seperti anemia. Daun katuk mengandung klorofil yang tinggi. Zat tersebut berguna untuk menghilangkan parasit, bakteri, dan virus yang ada di jaringan manusia.

2. Daun cincau.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@icho_tea

Daun cincau merupakan bahan untuk membuat makanan sejenis agar-agar dengan nama serupa. Untuk menemukan tanaman cincau ini tidaklah sulit karena biasanya tumbuh secara liar.

Daun cincau ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Dilansir dari livestrong.com, cincau mengandung senyawa fenolik dan fitokimia seperti flavonoid dan tanin yang memberikan beberapa manfaat kesehatan saat kamu mengonsumsinya.

Salah satu manfaat daun cincau yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Sebab diketahui cincau kaya akan antioksidan. Selain itu untuk melawan radikal bebas, tubuh kamu juga membutuhkan antioksidan yang kuat. Cincau memiliki kandungan alkoloid dan isokondrodendrin. Kedua zat tersebut mampu mencegah terjadinya kanker dan tumor ganas.

3. Daun ciplukan.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@arashaki_houseplants

Buah ciplukan mungkin sudah tak asing lagi untuk kamu. Biasanya buah ciplukan ini tumbuh liar di sawah. Buah ini dikenal karena khasiatnya yang luar biasa. Namun selain buahnya, ternyata daunnya juga ampuh mengatasi beberapa penyakit.

Dikutip steemit.com, tanaman ini memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemik. Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai obat caranya cukup mudah yakni direbus daun, batang, akar dan buahnya, kemudian meminum airnya.

4. Daun jintan.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@i.kamalia_withgarden

Jintan merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk mengolah gulai, opor, soto, dan tongseng. Rempah ini memberikan aroma harum, lezat, dan pedas pada masakan.

Jintan berasal dari tanaman Cuminum cyminum yang tumbuh di Asia, Afrika, dan Eropa. Selain itu, daun jinten juga memiliki manfaat yang tak kalah dari jinten. Selain itu, daun jinten juga sering digunakan untuk menghilangkan bau dan rasa dari ikan dan daging.

Diketahui antioksidan, asam omega 6 gamma linoleat, dan beberapa zat lain dalam daun herbal sangat efektif dalam menghambat penyebaran sel kanker payudara, bahkan mengatasi gejala awal kanker prostat. Selain itu daun jinten juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Sebab daun jinten ini mengandung senyawa organik serta mineral. Sehingga ketika mengonsumsi teh dari daun jinten ini dapat menurunkan tingkat kecemasan. Kandungan pada daun jinten sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat merangsang keringat dan juga mempercepat proses pemulihan penyebab demam.

5. Daun meniran.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ovigarden

Tanaman obat daun selanjutnya ada daun meniran. Tanaman berdaun bulat kecil ini sekilas mirip dengan daun putri malu. Meski sering dianggap sebagai tumbuhan rumput biasa, meniran mengandung senyawa kimia yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari daun, batang, hingga akar meniran dapat dimanfaatkan sebagai suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup serta dalam bentuk teh seduhan.

Dilansir dari healthline.com, menurut sebuah studi in vitro 2014, ekstrak yang terbuat dari daun phyllanthus niruri menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit. Antioksidan dapat memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit

6. Daun sambiloto.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@galeryherbalstore

Terkenal sebagai tanaman herbal, daun sambiloto ternyata mengandung senyawa aktif yakni flavonoid, alkale, keton, kalium, kalium, dan natrium. Selain itu sambiloto juga memiliki sifat antiradang, penghilang sendi, dan penawar racun. Manfaat lain yakni mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dapat digunakan bagi orang yang tengah mengalami pilek dan flu, demam, hidung tersumbat hingga sakit tenggorokan.

7. Daun sirih.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Daun sirih sudah digunakan sejak dahulu sebagai tanaman obat herbal. Daun sirih juga cukup populer karena sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Manfaat daun sirih tersebut terbukti mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit terutama pada bagian kulit.

Kandungan fenil poppies dalam daun sirih ini dimanfaatkan untuk menghentikan mimisan. Selain itu mengonsumsi rebusan daun sirih secara rutin bisa membantu mengurangi asam urat secara alami.

8. Daun sirsak.

Tanaman obat daun Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Di balik banyaknya kandungan dan manfaat dari buah sirsak, siapa sangka ternyata daunnya pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Umumnya orang mengenal buah sirsak ini sebagai obat antikanker.

Salah satu kandungan daun sirsak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah Acetogenin. Manfaat dari daun sirsak ini sangat beragam, mulai dari mengatasi masalah kolesterol, menghambat pertumbuhan sel kanker, kista ovarium, serta obat diabetes. Cara aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak ini