Brilio.net - Amandel merupakan penyakit yang membuat bengkak atau meradangnya tenggorokan. Penyakit satu ini banyak dialami orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

Biasanya, jika amandel sudah membesar dan mengalami bengkak, maka harus dioperasi. Namun bukan berarti tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah ini. Selain menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti tanaman obat.

Kira-kira apa saja ya tanaman obat yang bisa mengatasi amandel? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/2).

1. Basil Holy atau tulsi.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Tulsi atau Basil Holy merupakan pengobatan rumahan yang cukup ampuh untuk mengatasi radang amandel, karena sifat antivirus dan antiradangnya.

Dilansir dari food.ndtv.com, selain sangat efektif untuk mengatasi radang amandel, sifat penenang pada tulsi juga membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri serta mempercepat proses penyembuhan.

Dr Simran Saini dari New Delhi mengatakan, "Mengonsumsi minuman yang direbus dengan daun tulsi dan menambahkan sekitar 2 gram lada hitam ke dalamnya dapat membantu meredakan rasa sakit. Minuman ini membantu membangun kekebalan tubuh, bertindak sebagai elemen antibakteri."

Cara membuatnya:

- Tambahkan 10 sampai 12 daun tulsi ke satu setengah gelas air

- Rebus selama 10 menit

- Saring dan tambahkan jus dari satu lemon ke dalam larutan.

- Kamu juga bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk menambah rasa manis atau 2 gram lada hitam sebagai bahan campuran lainnya

- Kemudian minum ramuan tersebut tiga kali sehari selama dua sampai tiga hari.

2. Kayu manis.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari food.ndtv.com menurut Dr Ashutosh Gautam, Manajer Koordinasi dan Operasi Klinis di Baidyanath, kayu manis dapat digunakan untuk mengobati amandel. "Kaya akan sifat antimikroba, kayu manis menekan pertumbuhan bakteri dan mikro-organisme lain di amandel dan membantu mengurangi pembengkakan, nyeri dan peradangan," ujarnya.

Berikut cara menggunakannya:

- Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke segelas air panas

- Campurkan dua sendok teh madu

- Minumlah perlahan selagi masih hangat

- Minum ini dua atau tiga kali sehari selama satu minggu.

3. Kunyit.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya yang kuat. Hal itulah yang dapat melawan infeksi amandel dan meredakan gejala iritasi.

Dilansir dari food.ndtv.com, menurut penulis Deepak Chopra dari The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies, cara ini sangat efektif untuk mengatasi amandel. Ayurveda merekomendasikan penggunaan 1 cangkir air hangat dengan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam dicampur. Berkumurlah dengan campuran ini pagi dan sore.

Minumlah ramuan tersebut sebelum tidur, karena akan membantu menghilangkan peradangan dan nyeri. Sebagai alternatif, kamu bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam ke segelas susu hangat. Minumlah pada malam hari selama dua hingga tiga hari untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Fenugreek atau Kelabat.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Kelabat atau Fenugreek merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae. Klabet dapat digunakan untuk obat herbal dan sebagai rempah, dikenal juga dengan nama methi. Biasanya tumbuhan ini sering dijumpai di makanan seperti kari atau kare.

Dilansir dari food.ndtv.com perpustakaan Pendidikan Kesehatan menunjukkan bahwa fenugreek, juga dikenal sebagai methi, memiliki sifat antibakteri yang menjadikannya obat yang sangat baik untuk radang amandel karena dapat melawan bakteri. Sifat anti-inflamasi yang ada di fenugreek akan meredakan rasa sakit yang berlebihan.

Berikut cara menggunakannya:

- Tambahkan dua sendok makan biji fenugreek ke dua hingga tiga cangkir air

- Biarkan mendidih selama 30 menit

- Saring dan biarkan dingin

- Berkumurlah dengan air ini setidaknya selama 30 detik, lalu keluarkan

- Ulangi dua kali sehari sampai kamu merasa nyaman dan tidak kesakitan lagi.

5. Jahe merah.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Jahe merah membantu dalam menyembuhkan peradangan pada amandel. Hal ini dikarenakan jahe merah bersifat anti peradangan, anti bakteri, dan antivirus. Caranya, kamu cukup mengonsumsi 1 gelas rebusan jahe merah yang ditambah 2 sendok madu pada pagi dan sore hari.

6. Bawang Putih.

Tanaman obat amandel freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih mengandung antibiotik dan antiinflamasi alami karena terdapat kandungan senyawa allicin. Kandungan itu bisa mengobati amandel.

Caranya, kunyah 1 siung bawang putih secara langsung. Jika tidak suka memakannya secara langsung, kamu bisa memberikan bawang putih pada suatu masakan dalam jumlah yang banyak.