Brilio.net - Bunga dikenal dengan bentuk yang indah dan memiliki bau yang harum, tak heran kalau banyak orang menyukai tanaman bunga. Namun, tahukah kamu jika ternyata ada beberapa tanaman bunga yang dapat dijadikan obat? Ya, bunga biasanya hanya sebagai pajangan untuk mempercantik pekarangan atau hiasan ruangan. Namun, ternyata banyak tanaman bunga yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Biasanya bunga yang bisa dimakan, kaya akan vitamin C dan masing-masing memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Beberapa tanaman obat bunga tak hanya ampuh membantu mengobati penyakit ringan namun juga beberapa penyakit kronis. Terlebih menggunakan obat herbal untuk pengobatan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan sakit secara alami.

Nah kira-kira tanaman bunga apa saja ya yang ampuh sebagai obat dan menyehatkan? Berikut adalah beberapa jenis tanaman obat bunga yang mempunyai manfaat bagi tubuh, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (2/1).

1. Bunga telang.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Loading...

Bunga telang atau yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini merupakan tanaman jenis merambat. Tumbuhan ini termasuk dalam suku polong-polongan, memiliki daun berukuran kecil serta bunga berwarna ungu mencolok. Biasanya bunga telang digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman yang memberikan warna biru keunguan.

Dilansir dari majesticherbs.com, bunga ini kaya antioksidan, flavanoid, dan peptida yang mengobati berbagai macam penyakit. Mengonsumsi bunga telang ini dapat memberikan dukungan pada sistem pencernaan, peredaran darah, dan saraf pusat. Sedangkan antioksidan, proanthocyanidin dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya itu, senyawa bioflavinoid di dalamnya bermanfaat untuk menebalkan, dan mengurangi rambut beruban.

2. Bunga melati.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Melati merupakan tanaman perdu berbatang tegak yang kerap dianggap sebagai tanaman hias. Dikenal dengan aromanya yang begitu khas, bunga melati memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Sama seperti bunga telang, bunga melati juga diolah dan digunakan untuk campuran teh. Manfaat yang diperoleh pun sangat beragam diantaranya menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit jantung maupun beberapa tipe kanker. Hal ini karena kandungan polifenol yang tinggi pada teh bunga melati sehingga memiliki sifat antioksidan.

3. Bunga asoka.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yuli_noviawan

Tanaman hias bernama bunga asoka ini rupanya memiliki khasiat untuk kesehatan. Berwarna menggoda dan bergerombol, bunga ini memiliki kandungan seperti zat besi, saponin, flavanoid, hematoksilin, tanin, dan zat penting lainnya. Sifat herbalnya ini berasal dari senyawa hematoksilin pada bagian bunga dan kulit kayunya. Khasiat bunga asoka ini diantaranya dapat mengobati gejala disentri hemoragik, mengatasi haid yang tidak lancar serta mengobati luka memar pada tubuh.

4. Bunga rosela.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Bunga rosella umumnya dikonsumsi sebagai teh dengan cara diseduh dan ditambah madu. Bunga rosela mengandung vitamin C, protein dan flavonoid. Namun, dari berbagai zat yang terkandung pada bunga tersebut, yang paling menarik adalah zat flavonoid yang disebut gosipetin, hibiscetine dan sabdaretin, zat antioksidan yang cukup kuat untuk digunakan melawan radikal bebas yang merusak tubuh manusia.

5. Bunga mawar.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik

Manfaat bunga mawar pun beragam, mulai dari produk kecantikan hingga dikonsumsi sebagai minuman atau makanan. Biasanya orang memanfaatkan air mawar yang dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Salah satu manfaat air mawar ini karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai penyakit, seperti meredakan iritasi eksim, mengurangi kemerahan pada kulit, dan membantu mengurangi jerawat. Sedangkan sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata.

6. Bunga sepatu.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@enowido

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis kerap dijadikan hiasan oleh setiap orang karena karena punya warna yang cerah. Namun tak banyak yang tahu bahwa bunga sepatu memiliki manfaat cukup tinggi untuk manusia setiap harinya. Kandungan antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids yang terdapat pada bunga sepatu dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian bunga yang mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik atau obat kuat.

7. Bunga kamboja.

Tanaman obat bunga Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ucijunaedi

Plumeria rubra atau dikenal dengan kamboja merupakan bunga yang terkenal dengan aromanya yang harum. Bunganya berwarna kuning, putih, atau merah muda. Dilansir Byrdie, bunga kamboja sudah digunakan dalam pembuatan parfum sejak abad 16. Belakangan, bunga ini juga digunakan untuk bahan perawatan kecantikan alami. Seperti yang kita ketahui, bunga kamboja sendiri kerap diolah menjadi minyak esensial dan banyak digemari oleh masyarakat untuk meredakan stres.

Minyak bunga kamboja juga bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan minyak bunga kamboja mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, dan tanin. Sehingga senyawa tersebut dapat menjaga sel tubuh dari radikal bebas.