Brilio.net - Cacingan pada umumnya dialami oleh anak-anak. Meski bukan penyakit yang mematikan, namun tetap saja tidak boleh diabaikan. Pasalnya, cacing dapat menghambat pertumbuhan pada anak. Hal ini dikarenakan cacing menyerap nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang.

Tak hanya itu saja, ada masalah serius lain yang disebabkan oleh cacingan, yakni anemia akibat perdarahan kronis pada saluran cerna. Ada beberapa cara mengatasi cacingan, salah satunya dengan bahan-bahan alami atau tanaman obat.

Obat-obatan ini sangat ampuh mengatasi cacingan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari verywellhealth dan healthline, Senin (1/2).

1. Bawang Putih.

Tanaman obat cacingan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Bawang putih mengandung asam amino yang bersifat anti-parasit. Kandungan itulah yang bisa membasmi cacing mengganggu pencernaan. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup memakan bawang putih saat perut kosong, seminggu sekali.

Untuk anak-anak, kamu bisa mengiris dan campurkan pada makanan atau minuman mereka.

2. Daun Pepaya.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Daun pepaya juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi cacingan. Caranya, cuci bersih satu lembar daun pepaya dan 15 gram akar pohon bunga melati sampai bersih sebelum direbus bersama 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan hingga warnanya berubah dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3. Jahe.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Jahe mengandung senyawa gingerol, senyawa tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan cacing parasit dalam usus.

Caranya, kamu cukup menyiapkan air secukupnya, cincang jahe, kemudian rebus selama 5 menit. Setelah itu saring airnya, dan meminumnya secara rutin.

4. Wortel.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Wortel mengandung banyak serat. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, maka dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu saja, serat yang terkandung di dalam wortel juga bisa mendorong cacing parasit keluar dari usus.

Kamu cukup mengonsumsi wortel dua kali sehari. Pastikan untuk mencuci bersih sebelum mengonsumsinya.

5. Cengkeh.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Di dalam cengkeh terkandung senyawa eugenol yang merupakan agen antibakteri yang kuat. Cara kerja cengkeh dalam mengatasi cacingan sangat bagus, karena tidak hanya membasmi cacing namun juga bisa mematikan telur-telurnya.

Cukup tambahkan 2-3 cengkeh ke dalam air, kemudian didihkan selama 5 menit. Setelah itu saring dan minum airnya.

6. Kulit mangga.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Kulit mangga yang biasanya dibuang begitu saja, bisa kamu manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi cacingan. Kulit mangga mengandung AHA yang bersifat antelmintik dan mampu membunuh bakteri serta kuman dalam tubuh.

Caranya, cukup rebus kulit mangga yang sudah dibersihkan, kemudian saring dan minum air rebusannya.

7. Biji pepaya.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya daunnya saja, biji pepaya juga bisa mengatasi cacingan. Biji pepaya yang sudah matang mengandung hentriacontane, carpaine, benzylisothiocyanate, caricin, dan benzylthiourea. Semua kandungan itu berfungsi membunuh parasit.

Caranya, jemur biji pepaya sampai kering. Kemudian campurkan biji pepaya pada minuman hangat atau susu. Konsumsi ramuan ini pada saat perut kosong.

8. Biji labu.

Tanaman obat cacingan freepik.com

foto: freepik.com

Biji labu mengandung asam amino, asam lemak, senyawa berberin, palatine, dan cucurbitacin. Kandungan pada biji labu ini bekerja sangat baik dalam mengatasi cacingan atau membunuh parasit.

Kamu bisa membelinya di toko obat herbal, biasanya sudah berupa bubuk. Jadi kamu tinggal menyeduhnya saja.